Thursday, December 3, 2015

Minum Susu Ibu Hamil Tapi Juga Mengkonsumsi Mie Instan, Boleh?


susu ibu hamil
Susu Ibu Hamil

Susu untuk ibu hamil itu mengandung gizi yang lengkap untuk menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Akan tetapi, bagaimana jika selain mengkonsumsi susu, ibu hamil juga mengkonsumsi mie instan.


Banyak orang yang menganggap mie instan itu tidak baik bagi kesehatan. Memang benar seperti itu. Hanya saja bukan berarti mie instan tidak mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan. 

Beberapa pakar kesehatan baru-baru ini menunjukkan bukti bahwa sebenarnya mie instan itu tida berbahaya untuk dikonsumsi ibu hamil. Pendapat ini berdasarkan fakta tentang kandungan yang ada di dalam mie instan.

Kandungan dalam Mie Instan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tidak ada yang salah dan tidak dilarang bagi ibu hamil mengkonsumsi mie instan. Dan hal tersebut tidak akan merusak nutrisi ibu hamil yang sudah ia dapatkan dari mengkonsumsi susu untuk ibu hamil.

Hal tersebut berdasarkan bukti ilmiah. Ada kandungan yang baik dan dibutuhkan oleh ibu hamil yang terdapat pada mie instan. Salah satunya adalah zat besi. Seperti yang ibu ketahui, zat besi ini sangat mempengaruhi proses pembentuk sel darah merah. Jika ibu kekurangan zat besi, ibu akan mengalami anemia. Anemia ini tidak hanya berdampat negatif bagi kesehatan ibu, tapi juga janin dalam kandungan. Pasalnya, anemia berarti kekurangan darah sementara janin membutuhkan darah untuk pembentukan organ tubuh.

Selain zat besi, masih banyak lagi nutrisi ibu hamil yang bisa didapatkan dari mie instan seperti asam folat, vitamin A, B1, B6, B12, dan C. Kalsium juga ditemukan di dalam mie instan.
Dari keterangan tersebut di atas, apalagi yang harus dikhawatirkan? Memang mie instan mengandung zat kimia dan lemak. Akan tetapi, jika mie instan ini dimasak dengan cara yang benar, zat tersebut bisa diminimalisir.

Merebus Mie Instan yang Benar

Jadi, sebenarnya yang harus ibu ketahui adalah bagaimana cara merebus mie instan yang benar agar zat negatif seperti lemak dan zat kimia lainnya bisa dikurangi.

Caranya sangat mudah. Awalnya, ibu hanya perlu merebus mie menggunakan air dengan ukuran dua kali dari yang disarankan. Kemudian, angkat mie tersebut dan jangan gunakan air yang ibu gunakan untuk merebus. Gunakan air panas yang lainnya. Masukkan mie ke dalam mangkok yang sudah ada air panas. Masukkan bumbu. Akan lebih bagus ibu menambahkan beberapa sayuran seperti wortel dan kol. 

Dengan cara tersebut, maka ibu tidak akan dianggap tidak memperhatikan kesehatan kehamilan.

Kekhawatiran Mengkonsumsi Mie Instan

Memang sangat dipahami kenapa para ahli gizi ibu hamil melarang ibu hamil mengkonsumsi mie instan. Pasalnya, di dalam mie instan tersebut, terdapat kandungan nutrisi yang baik, namun jumlahnya sedikit. Kebiasaan orang Indonesia, mie instan dijadikan makanan utama. Jika sudah makan mie, maka mereka tidak makan nasi. Itulah yang menjadi kekhawatiran pada ahli gizi.


Selain itu, hindari juga mengkonsumsi mie instan setiap hari. Ibu bisa menjadikan mie instan sebagai hidangan pada waktu emergency saja. Jadi, ibu harus tetap menjaga kesehatan kehamilan dengan cara makan makanan yang sehat serta minum susu ibu hamil

No comments:

Post a Comment