Sunday, December 20, 2015

Pilih Mana, Susu Ibu Menyusui atau Sayur Daun Katuk

susu ibu menyusui
Susu Ibu Menyusui


Susu ibu menyusui dianggap sebagai susu yang bisa memperlancar ASI atau air susu ibu. Benarkah hal tersebut? Sementara itu, orang tua sejak dahulu kala meyakini daun katuk juga bisa memperlancar ASI. Mana yang ibu pilih?


Ada pro dan kontra terhadap fungsi dari susu untuk ibu menyusui dengan daun katuk. Ada yang bilang keduanya tidak mempengaruhi produksi ASI secara langsung terutama susu. Susu yang dikonsumsi ibu menyusui gunanya hanya untuk menjaga kesehaan ibu sehingga tubuh ibu sehat dan bisa memproduksi ASI. Sementara itu, banyak juga yang menganggap susu dan daun katuk itu mempengaruhi produksi ASI walaupun secara tidak langsung.

Bagi ibu yang masih percaya bahwa susu ibu menyusui dan daun katuk bisa memperlancar ASI, berikut penjelasannya.

Cara Kerja Susu dan Daun Katuk

Sebenarnya, cara kerja susu dan daun katuk ini hampir sama. Keduanya mengandung nutrisi ibu menyusui, artinya susu dan juga daun katuk memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Apa saja yang dibutuhkan? Tentu saja banyak seperti karbohidrat, lemak, fosfor, zat besi, vitamin, asam folat, dan lain sebagainya. Hanya saja, nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui lebih banyak. Tubuh ibu harus memproduksi ASI dan produksi ASI dipengaruhi oleh nutrisi dari makanan dan minuman yang ibu konsumsi.

Jelas sekali tugas ibu menyusui itu lebih berat. Lihat saja ibu yang masih aktif memberikan ASI lebih sering merasa lapar daripada ibu yang sudah tidak memberikan ASI. Itu tandanya ibu menyusui membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Itulah mengapa ibu memerlukan makanan atau minuman yang bisa menyuplai nutrisi yang lebih banyak seperti susu ibu menyusui dan sayur daun katuk.

Ada keistimewaan dari susu untuk ibu menyusui dan daun katuk. Keduanya mempengaruhi prolaktin. Apakah ibu tahu apa itu prolaktin? Prolaktin berperan penting dalam produksi ASI. Jika produksi prolaktin tinggi, maka ASI akan semakin banyak dan semakin cepat diproduksi. Dan untuk mempengaruhi kadarn prolaktin, ibu butuh mengkonsumsi susu untuk ibu hamil atau makan sayur daun katuk. Keduanya memberikan nutrisi ibu menyusui yang akan meningkatkan produksi prolaktin.

Dari penjelasan itulah diketahui bagaimana sebenarnya ASI itu secara tidak langsung dipengaruhi oleh susu atau makanan seperti daun katuk. Hanya saja, ibu harus tahu ada faktor lain yang membuat produksi ASI turun selain susu atau daun katuk ini.

Faktor Produksi ASI

Selain susu dan makanan seperti daun katuk, ada juga faktor lain yang mempengaruhi produksi ASI. Salah satunya faktor psikis ibu sendiri. Kebanyakan ASI tidak bisa diproduksi lantaran ibu stress. Kondisi ini dikarenakan tubuh itu kurang fit sehingga tubuh tidak mampu memproduksi ASI. Sekalipun ibu mengkonsumsi susu ibu menyusui dan juga sayur daun katuk, ASI tidak bisa diproduksi dengan jumlah yang banyak jika kondisi ibu stress.

Itulah mengapa ada pendapat bahwa susu itu tidak mempengaruhi produksi ASI. Susu hanya memberikan nutrisi tambahan agar badan ibu sehat dan akhirnya ASI diproduksi dalam jumlah yang banyak. Tanpa tubuh yang sehat, mustahil hal tersebut terjadi.


Jadi, harus dipahami ada keterkaitan antara satu faktor denga faktor yang lain. Yang jelas, ibu harus selalu menjaga kesehatan agar tubuh ibu fit selalu sehingga bisa memberikan ASI kepada si kecil. Sementara itu, suplemen tambahan bisa ditambahkan, entah sayur daun katuk atau susu ibu menyusui.

No comments:

Post a Comment