Friday, June 3, 2016

Jika Ibu Rajin Minum Susu Ibu Hamil, Ibu Juga Harus Rajin Gosok Gigi Ya

susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Apa yang paling mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan? Ternyata kesehatan gigi jawabannya. Hal ini sudah disadari oleh masyarakat yang tinggal di dunia maju. Lihat saja klub sepakbola akan memeriksa kesehatan gigi pemain jika ingin bergabung dengan klub. Hal ini disebabkan kesehatan gigi berpengaruh sekali terhadap kesehatan secara keseluruhan.


Kok bisa? Tentu saja bisa. Lihat saja apa yang terjadi pada ibu hamil yang mengalami sakit gigi. Bukan hanya kesehatannya saja yang akan terganggu lho. Perkembangan janin juga ikut terganggu.

Itulah mengapa saat ibu hamil rajin minum susu ibu hamil, sebaiknya ia rajin pula membersihkan gigi, seperti menggosok gigi dan berkumur dengan mouth wash. Hal ini tidak lain untuk menjaga kesehatan gigi yang secara tidak langsung juga sebagai cara untuk menjaga kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan.

Masih tidak percaya? Berikut penjelasannya.

Karies Bisa Menyebabkan Bayi Lahir Prematur
Terdengar aneh dan sangat tidak ada hubungannya. Tapi itulah kenyataannya. Mungkin selama ini orang tahu kalau bayi prematur disebabkan kurangnya nutrisi atau faktor kesehatan lainnya yang berkaitan dengan gizi. Namun, karies juga bisa menjadi penyebabnya lho.

Para ahli kesehatan ibu hamil mengatakan karies ternyata bisa memicu mengingkatkan homon prostaglandin. Ini adalah hormone yang mengakibatkan kontraksi pada perut. Ibu bisa bayangkan jika terjadi kontraksi pada perut. Bayi seolah meminta untuk dilahirkan.

Tidak masalah jika masa kehamilan sudah mencapai 9 bulan atau kurang sedikit. Namun, akan menjadi masalah yang besar jika usia bayi di dalam kandungan masih di bawah 9 bulan. Tentu saja bayi akan lahir dalam keadaan prematur.

Jadi, perhatikan kesehatan gigi ibu ya.

Terjadi Infeksi pada Janin
Menjadi seorang ibu hamil memang berat sekali. Hal-hal yang kecil bisa menjadi masalah besar bagi janin dalam kandungan. Contohnya saja infeksi pada gusi. Infeksi tersebut bisa menyebabkan infeksi pada janin juga lho.

Menurut Yipin Han, seorang peneliti kesehatan dari Case Western Reserve University, jika soorang ibu mengalami infeksi pada gigi atau gusi, maka infeksi tersebut akan menular ke janin melalui peredaran darah plasenta. Kuman yang menyebabkan infeksi gigi bisa masuk ke dalam rahim dan mengakibatkan janin terkena infeksi. Fakta menunjukkan karena infeksi ini janin bisa mengalami keguguran.

Saat ibu hamil terkena infeksi, sebaiknya segera melakukan tindakan untuk menghentikan infeksi tersebut. Jangan sampai kuman masuk ke rahim karena bisa berakibat fatal.

Membuat Tubuh Lemas
Tantangan berat yang dihadapi oleh seorang ibu hamil adalah rasa malas. Tubuh terasa berat sekali untuk diajak beraktivitas. Hal ini sering dikarenakan asupan nutrisi yang kurang. Ibu hamil tidak nafsu makan. Setelah makan, ia sering mual dan muntah sehingga nutrisi tidak didapatkan.

Hal ini akan semakin parah jika ibu mengalami sakit gigi. Bayangkan jika gigi ibu bengkak. Tidak hanya kehilangan nafsu makan, ibu juga akan malas sekali melakukan aktivitas apapun. Bahkan istirahat pun merasa tidak nyaman.


Jadi, penting sekali bukan menjaga kesehatan gigi saat hamil? Mengkonsumsi susu untuk ibu hamil itu baik. Namun, ada kandungan gula yang bisa menyebabkan karies lho. Itulah mengapa selain ibu rajin minum susu, ibu juga harus rajin gosok gigi ya. Dua kali sehari saja, yaitu sebelum dan sesudah bangun tidur.

No comments:

Post a Comment