Monday, November 30, 2015

Kegiatan yang Bisa Memaksimalkan Kebaikan Susu Ibu Hamil


susu ibu hamil
Susu Ibu Hamil

 

Susu ibu hamil itu tidak akan ada gunanya jika ibu tidak mengimbangi dengan beberapa kegaitan positif. Kehamilan tidak boleh dijadikan alasan ibu tidak perlu beraktivitas. Saat hamil, bukan berarti semua kegiatan yang melibatkan fisik harus dikurangi. 


Memang benar susu mengandung nutrisi yang berpengaruh pada perkembangan bayi dalam kandungan. Hanya saja, ibu sebaiknya tidak terlalu bergantung pada susu. Beberapa aktivitas juga sangat baik untuk perkembangan janin. Kegiatan seperti apakah itu?

Kegiatan yang Menenangkan

Apakah ibu tahu apa hal yang paling membahayakan kesehatan janin dalam kandungan? Ternyata, hal yang paling membahayakan itu bukan ketika ibu hamil kekurangan nutrisi. Yang paling berbahaya itu ketika ibu mengalami stress. 

Stress and depresi akan membuat kesehatan ibu terganggu. Sering kali stress membuat nafsu makan berkurang dan akhirnya berakibat terhadap perkembangan bayi di dalam rahim.

Memang stress membuat ibu kehilangan nafsu makan sehingga asupan gizi kurang. Akan tetapi, permasalahan utamanya bukan itu. Masalah psikis yang ibu alami juga berpengaruh terhadap janin yang ada di dalam kandungan. 

Ada ikatan batin antara ibu dan bayi. Jika ibu sehat dan bahagia, maka perkembangan bayi dalam kandungan pun baik. Begitu sebaliknya. Itulah mengapa ibu sebaiknya melakukan kegaian yang menyenangkan. 

Berbagai Macam Kegiatan yang Menyenangkan

Ibu sudah mengerti bahwa nutrisi ibu hamil bukanlah satu-satunya faktor yang membuat janin berkembang dengan baik. Ada faktor lain, yaitu faktor psikis ibu. Ibu harus gembira agar janin berkembang normal.

Untuk itu, pilihlah kegiatan yang menyenangkan. Jika ibu wanita karir yang harus bekerja pada office hours, usahakan ibu menyempatkan waktu untuk melakukan kegiatan menyenangkan seperti berenang, jalan santai di pagi hari, yoga, atau senam ibu hamil.

Tentu saja setiap ibu memiliki kegiatan menyenangkan sendiri-sendiri. Akan tetapi, kegiatan seperti berenang, jalan santai, yoga, dan senam ibu hamil tidak hanya menyenangkan untuk dilakukan tapi sudah dipastikan baik bagi perkembangan janin.

Jadi, selain mengkonsumsi susu ibu hamil yang kaya akan nutrisi, ibu juga harus memikirkan untuk melakukan kegiatan menyenangan.

Kegiatan Sehari-hari yang Menyehatkan Ibu Hamil

Bagi ibu rumah tangga, mungkin mereka memilik lebih banyak waktu luang di rumah. Tapi, jangan dianggap ibu rumah tangga itu mudah. Sebenarnya, pekerjaan sebagai ibu rumah tangga itu melelahkan, mulai membersihkan rumah sampai masak.

Tapi, tahukah ibu ternyata kegiatan sehari-hari ibu rumah tangga itu baik untuk kesehatan ibu hamil? Orang tua dulu sering menasehati agar wanita hamil tua sebaiknya mengepel lantai rumah dengan cara jongkok, tanpa alat pembersih lantai yang ada tongkatnya. Pasalnya, sering mengepel dengan jongkok akan mempermudah persalinan. Apakah ibu percaya?

Ternyata, hal tersebut ada benarnya. Ibu bisa lihat beberapa geraka yang harus ibu lakukan ketika senam hamil. Beberapa gerakan mirip seperti ibu mengepel lantai dengan cara jongkok, bukan?

Jadi, ibu sekarang harus rajin mengepel lantai. Selain agar rumah bersih, kegiatan tersebut juga baik untuk memperlancar proses persalinan nanti. Hanya saja, jangan sampai ibu sampai terlalu lelah karena hal itu akan memberikan pengaruh tidak baik bagi perkembangan janin.

Nikmati masa kehamilan ibu karena menjadi ibu hamil merupakan sebuah anugrah. Jangan mengeluh tapi justru ibu harus bahagia. Lakukan hal positif agar tidak merasa berat menjalani masa hamil. Jangan lupa juga penuhi nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin dengan mengkonsumsi susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment