Thursday, June 23, 2016

5 Nutrisi Ini Harus Ada Pada Susu Ibu Hamil

susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Untuk memastikan perkembangan janin di dalam kandungan baik, maka dibutuhkan nutrisi yang jumlahnya sangat banyak mulai dari kalsium, protein, berbagai macam vitamin, dan masih banyak lagi.



Tapi, ada 5 nutrisi paling penting yang harus ibu dapatkan selama masa kehamilan. 5 Nutrisi inilah yang harus ada di dalam susu yang ibu pilih.

Bagaimana jika kebutuhan nutrisi tersebut tidak tercukupi? Tentu saja hal buruk bisa saja terjadi. Banyaknya kasus kematian bayi di dalam kandungan atau bayi prematur dan akhirnya meninggal sering dikarenakan kekurangan nutrisi. Kelalaian seorang ibu hamil karena tidak mengkonsumsi susu kehamilan menjadi salah satu faktor penyebab utamanya.

Berikut 5 nutrisi yang harus ada di dalam susu untuk ibu hamil beserta alasan-alasannya.

Serat Pangan
Susah BAB dan diare merupakan dua dari beberapa masalah yang sering muncul ketika ibu sedang hamil. Dan masalah tersebut hanya bisa diatasi jika ibu mendapatkan serat pangan yang cukup.

Sebenarnya tidak sulit untuk mendapatkan asupan nutrisi berupa serat. Dengan mengkonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan terutama pepaya, ibu sudah mendapatkan serat.

Hanya saja, jumlah serat harus sesuai dengan yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian ibu bisa didapatkan dari mengkonsumsi susu kehamilan.

Protein
Salah satu tanda janin tidak berkembang maksimal adalah ketika beratnya di bawah normal atau cenderung turun. Dan hal ini biasanya disebabkan karena ibu kurang mendapatkan nutrisi berupa protein.

Protein lah yang memastikan pertumbuhan janin di dalam kandungan baik. Nutrisi yang satu ini harus ada di dalam susu untuk ibu hamil dengan kadar yang sesuai dengan rekomendasi ahli gizi. Hal ini penting untuk memastikan organ tubuh janin terbentuk sehingga ibu tidak mendapatkan kabar buruk tentang berat badan bayi rendah.

Kalsium
Sering sekali ibu hamil yang memiliki keluhan nyeri pada tulang atau sakit gigi. Itu artinya kalsium pada tulang dan gigi diambil oleh janin.

Janin membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan tulangnya. Jika tidak mendapatkan asupan berupa kalsium dalam jumlah yang tepat, janin akan mengambil dari tulang dan gigi ibu. Akibatnya, ibu akan merasa mudah lelah dan nyeri pada tulang atau juga sakit gigi.

Zat Besi 
Keluhan seperti pusing sering dialami oleh seorang ibu hamil. Masalah ini disebabkan seorang ibu hamil kekurangan zat besi. Keluhan ini disebut dengan anemia.

Anemia tidak hanya membuat ibu merasa tidak nyaman. Akan tetapi, imbasnya juga bisa pada perkembangan janin. Jadi, di dalam susu untuk ibu hamil, wajib ada kandungan berupa zat besi selain ibu juga mendapatkan zat besi dari makanan yang ibu konsumsi setiap hari.

Asam Folat 
Menyiapkan anak agar cerdas bisa dilakukan mulai saat ia masih ada di dalam kandungan. Caranya dengan mengkonsumsi susu yang mengandung asam folat. Karena kandungan ini akan mengoptimalkan perkembangan otak saraf bayi walaupun masih ada di dalam rahim. Khususnya ketika masa kehamilan mencapai usia 3 bulan, ibu harus minum susu untuk ibu hamil setidaknya 2 kali setiap hari.

Semua 5 nutrisi tersebut di atas ada di dalam susu ibu hamil terbaik. Pastikan bayi di dalam kandungan berkembang secara maksimal dengan mensuplai nutrisi-nutrisi tersebut di atas. Selain makan makanan yang bergizi, ibu harus mengkonsumsi susu untuk ibu hamil juga.


No comments:

Post a Comment