Wednesday, June 15, 2016

Alasan Ini Membuat Semakin Banyak yang Semangat Minum Susu Ibu Hamil


Bukan hanya agar kesehatan ibu dan janin terjaga seorang ibu hamil harus minum susu. Kalau hanya didasarkan pada alasan tersebut, bisa saja mengkonsumsi menu makanan lain yang mengandung nutrisi seperti yang ada pada susu.



Semakin banyak informasi kesehatan seputar ibu hamil membuat semakin banyak orang tahu pentingnya susu ibu hamil. Dan mereka akhirnya semakin semangat untuk minum susu.

Mungkin tidak bagi ibu. Jika ibu masih malas-malasan karena sering merasakan keluhan ini atau itu setiap kali minum susu, itu berarti ibu ketinggalan informasi.

Sudah banyak ibu hamil yang sadar dan akhirnya dengan senang hati minum susu kehamilan karena tahu fakta menarik di balik mengkonsumsi susu secara rutin setiap hari.

Kandungan Satu Gelas Susu
Ada banyak nutrisi di dalam satu gelas susu untuk ibu hamil. Akan tetapi, bukan itu yang penting. Tahukah ibu satu gelas susu itu mengandung nutrisi lebih dari tiga kali porsi makanan?
Ini bukan mengada-ada. Protein dalam satu gelas susu kehamilan saja sama dengan protein 1 ikan bawal. Belum lagi kandungan lainnya seperti kalsium, vitamin, AA, DHA, dan nutrisi lainnya. Jika dikumpulkan, mungkin sudah menjadi lebih dari tiga porsi makan.

Para ahli kesehatan ibu hamil mengatakan mengkonsumsi dua atau tiga gelas susu untuk ibu hamil setiap hari berarti sudah memenuhi sekitar 60% kebutuhan nutrisi harian. Itu artinya ibu sudah tidak perlu lagi was-was. Kesehatan ibu pasti terjaga dan janin di dalam kandungan berkembang dengan baik.

Sayang jika melewatkan mengkonsumsi susu setiap hari. Itu artinya ada sejumlah nutrisi yang tidak didapatkan oleh janin untuk berkembang. Apalagi jika seorang ibu hamil yang tidak mau minum susu. Pastinya mereka tidak akan bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin.

Hal inilah yang membuat semakin banyak ibu yang semangat minum susu kehamilan. Mereka tidak peduli jika mual dan muntah karena sudah ada tips untuk mengatasi mual dan muntah setiap kali minum susu.

Keluhan-keluhan kesehatan lainnya tidak menghalangi mereka minum susu untuk ibu hamil setiap hari. Bagaimana dengan ibu?

Makanan Masih Penting
Meskipun minum susu kehamilan setiap hari bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian, bukan berarti ibu tidak perlu lagi mengkonsumsi makanan yang bergizi. Tetap saja ibu harus makan makanan yang penuh dengan gizi ibu hamil.

“buat apa makan kalau susu sudah mencukupi kebutuhan nutrisi ibu hamil setiap hari?” Mungkin itu pertanyaan yang ada di pikiran ibu.

Ibu harus tahu makanan merupakan sumber gizi utama. Sementara susu adalah komplementer walaupun nutrisi yang terkandung di dalam susu sudah sangat banyak.

Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam makanan sulit dicerna sehingga membuat ibu tidak mudah lapar. Berbeda dengan susu yang mudah larut dan dicerna sistem pencernaan.

Bagaimana ibu bisa beraktivitas jika ibu tidak makan? Tenaga yang ibu butuhkan dari makanan. Nutrisi sudah ada di dalam makanan tersebut dan dilengkapi nutrisi dari susu kehamilan.

Jadi, makanan tetap saja penting. Makanan dan susu saling melengkapi. Dua hal ini harus diperhatikan betul mulai awal kehamilan hingga proses persalinan nanti.


Semoga informasi ini membuat ibu menemukan semangat lagi untuk selalu mengkonsumsi susu setiap hari. Karena susu untuk ibu hamil memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janin di dalam kandungan.

No comments:

Post a Comment