Friday, June 17, 2016

Susu Ibu Hamil yang Gak Bikin Eneg

susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Banyak ibu hamil yang tidak mau minum susu karena satu alasan. Susu bikin eneg. Apakah ibu juga merasa hal yang sama?



Sebenarnya tidak hanya eneg yang membuat banya ibu hamil enggan minum susu. Tapi, selain eneg, mereka juga merasa mual dan muntah. Mungkin eneg hanya awalnya saja. Setelah itu, rasa mual muncul.

Jika masalahnya adalah eneg setiap kali minum susu, maka ibu harus cari susu ibu hamil yang tidak bikin eneg. Ingin tahu seperti apa susu yang tidak bikin eneg?

Kriteria Susu yang Tidak Bikin Eneg
Sayang sekali jika tidak mendapatkan kebaikan dari susu untuk ibu hamil. Padahal, ksehatan ibu dan juga janin di dalam kandungan bisa terjaga hanya dengan mengkonsumsi susu. Asupan gizi yang seimbang sudah ibu dapatkan setelah minum susu kehamilan setiap.

Untuk itu, harus ada usaha bagaimana ibu bisa dengan senang hati mengkonsumsi susu. Agar eneg hilang setiap kali ibu minum susu, ibu perlu memilih susu yang tidak mengandung banyak gula.

Atau mungkin ibu selalu menambahkan gula setiap menyajikan susu? Jika ya, tentu sangat beralasan jika ibu merasakan eneg.

Jangan menambahkan gula keitka ibu menyajikan susu. Dan akan lebih baik jika ibu memilih susu dengan kadar gula yang rendah. Selain untuk mencegah mual, susu yang rendah gula juga akan menghindarkan ibu dari resiko terkena penyakit diabetes.

Selain itu, ibu juga harus pertimbangkan untuk memilih susu dengan rasa yang ibu sukai. Mungkin saja eneg yang ibu rasakan itu disebabkan ibu memang tidak suka dengan rasa susu yang ibu pilih.

Ibu bisa mencoba mengganti susu dengan rasa yang berbeda. Ada banyak varian rasa yang bisa ibu pilih seperti coklat, vanilla, dan madu. Akan tetapi, kebanyakan susu coklat lah yang membuat eneg. Ibu sebaiknya mencoba susu rasa plain karena susu ini netral dan biasanya tidak membuat eneg.

Cara mengkonsumsi susu pun harus ibu perhatikan. Minum susu setelah makan biasanya membuat eneg dan akhirnya mual dan muntah. Jadi, sebaiknya ada jeda antara makan dan minum susu untuk ibu hamil.

Dan yang paling penting, ibu tidak boleh terburu saat minum susu. Nikmati susu setiap tegukan. Jangan minum susu seperti ketika ibu mengkonsumsi obat di mana harus habis dalam satu tenggakan.

Beralih ke Susu Lain
Kebanyakan ibu hamil akan beralih ke susu dengan merk lain. Tentu saja tidak masalah. Yang penting minum susu kehamilan.

Meskipun demikian, ibu harus lihat dulu apakah susu yang ibu pilih mengandung nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan atau tidak. Percuma saja mengganti ke merk susu lain yang kandungan nutrisinya tidak lengkap.

Susu untuk ibu hamil setidaknya mengandung protein, kalsium, dan vitamin D untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Sementara itu, kandungan seperti AA dan DHA di dalam susu akan membuat perkembangan saraf janin lebih optimal.

Jadi, ibu harus teliti dulu kandungan di dalam susu yang ibu ingin pilih. Jangan hanya melihat dari harganya saja. Harga tidak berbicara apa-apa. Harga yang mahal tidak mengindikasikan bawasannya susu kehamilan tersebut yang terbaik.


Yang jelas, ibu harus terus minum susu mulai saat awal kehamilan hingga persalinan nanti. Nutrisi di dalam susu untuk ibu hamil akan membuat janin berkembang optimal.

1 comment:

  1. Terima kasih artikelnya sangat menginspirasi sekali. baca juga
    http://www.kulineri.com/2017/05/tips-memilih-susu-untuk-ibu-hamil-dan-7.html

    http://www.kulineri.com/2017/05/7-makanan-sehat-yang-baik-dan-bagus.html

    ReplyDelete