Tuesday, June 14, 2016

Susu Ibu Hamil Penyebab Nyeri Ulu Hati. Benarkah Hal Itu?


Keluhan kesehatan yang sangat membuat seorang ibu hamil tidak nyaman adalah nyeri pada ulu hati. Keluhan ini sangat sering dialami terutama ibu hamil yang masa kehamilannya sudah mencapai trimester ketiga.



Jika ibu baru hamil muda tapi sudah sering merasakan nyeri ulu hati, mungkin ada penyebab lain selain perut yang semakin membesar. Karena biasanya nyeri ulu hati disebabkan karena perut semakin membesar. Makanya keluhan ini lebih sering dialami oleh seorang ibu hamil tua.
Bagaimana jika ibu sudah merasakan nyeri ulu hati padahal masa kehamilan masih pada trimester pertama?

Bisa jadi karena susu ibu hamil. Karena cara meminum susu yang kurang tepat juga bisa menimbulkan nyeri ulu hati.

Susu Menyebabkan Nyeri Ulu Hati
Sebenarnya kelihatanya tidak ada hubungan antara nyeri ulu hati dengan susu. Hanya saja, ibu mungkin tidak sadar cara mengkonsumsi susu kehamilan yang salah juga bisa menyebabkan munculnya keluhan tersebut lho.

Biasanya nyeri tersebut muncul jika ibu sering minum susu di sela mengkonsumsi makanan. Pada dasarnya minuman apapun sebaiknya ibu hindari ketika sedang makan. Minuman sebaiknya dikonsumsi setelah makanan selesai, bukan di tengah-tengah saat makan.

Nyeri ulu hati pada saat hamil juga disebabkan oleh makanan yang ibu konsumsi. Mulai sekarang walaupun ibu baru hamil muda, sebaiknya hati-hati dengan menu makanan yang ibu konsumsi setiap hari.

Mengkonsumsi makanan sehat saja tidak cukup. Selain sehat, makanan tersebut harus juga baik.

Makanan yang Harus Dihindari
Jika nyeri ulu hati menjadi keluhan kesehatan yang sering ibu alami, maka ada beberapa makanan yang harus ibu hindari. Salah satunya adalah gorengan.

Memang sedikit sulit untuk menghindari gorengan. Apalagi jika ibu sangat gemar sekali mengkonsumsi gorengan. Di Indonesia, gorengan sepertinya menjadi hidangan favorite entah sebagai salah satu menu makanan atau untuk cemilan.

Namun, agar ibu terhindar dari nyeri ulu hati, ibu sebaiknya kurangi dulu mengkonsumsi gorengan.

Selain gorengan, makanan pedas juga menjadi salah satu penyebab utama nyeri ulu hati. Ibu bisa kurangi penggunaan cabai dan merica ketika memasak. Sedikit pedas tidak masalah. Yang penting, ibu tidak sampai merasa sakit perut karena makanan yang ibu makan benar-benar pedas.

Tidak hanya makanan, pakaian juga bisa berpengaruh terhadap munculnya rasa nyeri pada ulu hati seperti pakaian yang ketat. Selain tidak nyaman, pakaian ketat juga ternyata bisa menyebabkan nyeri pada ulu hati.

Meskipun ibu masih dalam keadaan hamil muda di mana perut belum begitu besar, sebaiknya ibu mulai menyimpan baju seksi yang selama ini ibu pakai. Simpan dulu untuk sementara dan pakailah pakaian yang longgar. Semua ini untuk kebaikan ibu dan juga janin di dalam kandungan.

Itulah beberapa informasi penting yang patut untuk ibu ketahui. Jadi, ternyata tidak hanya gorengan dan makanan pedas saja yang menjadi penyebab nyeri pada ulu hati. Mengkonsumsi susu untuk ibu hamil di tengah sedang makan juga bisa menyebabkan hal tersebut.

Yang pasti, bukan susu atau kandungan susu yang menyebabkan nyeri pada ulu hati. Cara mengkonsumsi yang salah saja yang menjadi penyebabnya.


Susu kehamilan tetap menjadi minuman yang wajib untuk dikonsumsi seorang ibu hamil karena kandungan di dalam susu telah memenuhi kurang lebih 60% kebutuhan nutrisi harian ibu hamil. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mengkonsumsi susu untuk ibu hamil.

No comments:

Post a Comment