Wednesday, June 29, 2016

Kalsium Dalam Susu Ibu Hamil Tidak Hanya Bagus untuk Janin


Kalsium tidak hanya bagus untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan lho. Nutrisi yang satu ini juga diperlukan oleh seorang ibu hamil.



Itulah mengapa dokter sangat menganjurkan agar seorang ibu hamil mengkonsumsi susu setiap hari. Karena kandungan kalsium di dalam susu ibu hamil akan mencukupi kebutuhan kalsium hariannya. Namun, bukan berarti ibu tidak membutuhkan kalsium dari sumber lainnya selain susu kehamilan.

Berikut ini beberapa manfaat yang akan ibu dapatkan jika kalsium harian terpenuhi selama masa kehamilan.

Menjaga Kesehatan Jantung
Tidak banyak yang tahu jika ada manfaat yang diberikan oleh kalsium untuk menjaga kesehatan jantung. Siapa sangka jika kesehatan jantung akan terjaga jika selama hamil ibu selalu minum susu yang mengandung tinggi kalsium.

Salah satu peran jantung adalah menjaga agar tekanan darah selalu normal. Dengan demikian, otot jantung juga akan terkontrol. Detak jantung pun akan normal.

Lebih dari itu, ada kaitan antara kalsium dengan pembekuan darah. Beberapa kasus penyakit jantung itu terjadi karena adanya pembekuan darah. Hal ini bisa dicegah jika ibu mendapatkan kalsium yang cukup. Khususnya ketika ibu hamil, ibu harus mendapatkan kalsium yang lebih banyak. Ibu harus berbagi kalsium untuk ibu sendiri dan juga janin di dalam kandungan. Karena kebutuhan kalsium untuk perkembangan janin sangat tinggi, ibu disarankan mengkonsumsi susu untuk ibu hamil rutin setiap hari.

Mencegah Osteoporosis
Tidak hanya wanita yang berusia lanjut saja yang bisa mengalami Osteoporosis. Penyakit ini bisa diderita oleh wanita muda yang sedang hamil.

Hal ini disebabkan kandungan kalsium pada tulang diambil oleh janin. Mungkin saja janin membutuhkan kalsium yang banyak namun tidak bisa ibu penuhi. Ibu kurang mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kalsiumnya. Oleh sebab itu, janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu.

Itulah yang menyebabkan tulang ibu akan semakin lemah dan keropos. Jika hal ini tidak mendapatkan penanganan khusus, bukan tidak mungkin ibu akan mengalami Osteoporosis.

Untuk memastikan janin mendapatkan kalsium yang cukup untuk perkembangannya dan agar tulang ibu sehat selalu, maka ibu harus mengkonsumsi dua atau tiga gelas susu untuk ibu hamil setiap hari. Kandungan kalsium di dalam susu akan mencukupi kebutuhan kalsium harian ibu.

Menjaga Kesehatan Gigi
Saat kehamilan berusia trimester ketiga, banyak sekali ibu hami yang mengalami keluhan gigi ngilu. Keluhan ini disebabkan gigi tidak mendapatkan kalsium yang cukup.

Seperti halnya masalah Osteoporosis, gigi ngilu ini juga bisa disebabkan janin kekurangan kalsium. Akhirnya, janin mengambil kalsium dari gigi. Akibatnya, kadar kalsium dalam gigi ibu berkurang dan ibu akan mengalami ngilu pada gigi.

Dari penjelasan singkat tersebut di atas, jelas sudah bawasannya susu kehamilan itu sangat diperlukan oleh setiap ibu hamil. Sayang sekali jika ibu tidak mau minum susu. Susu kehamilan tidak hanya diperlukan untuk perkembangan janin di dalam kandungan tapi juga untuk menjaga kesehatan ibu selama proses kehamilan.


Bukankah kesehatan ibu sangat menentukan kesehatan bayi dalam kandungan juga? Jika ibu mengerti hal tersebut, tentu ibu tidak ingin sekalipun meninggalkan minum susu. Usahakan ibu mengkonsumsi susu untuk ibu hamil setidaknya dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari. Jika sudah minum susu, ibu tidak perlu khawatir lagi nutrisi ibu hamil kurang.

No comments:

Post a Comment