Tuesday, June 14, 2016

Adakah Minuman Sehat Pengganti Susu Ibu Hamil

susu ibu hamil
Friso Indonesia

Apakah ibu berniat untuk berhenti minum susu? Ibu tidak sendirian. Banyak sekali ibu hamil di luar sana yang ingin melakukan hal yang sama, tidak lagi mengkonsumsi susu untuk ibu hamil. Alasannya standard. Malas dan eneg setiap kali minum susu.



Alasan itulah yang mungkin membuat ibu mencari apakah ada minuman yang baik untuk dikonsumsi menggantikan susu ibu hamil. Sayangnya jawabannya tidak ada. Hanya saja ada beberapa jenis minuman yang bagus untuk ibu konsumsi. Namun, tidak ada minuman yang nutrisinya selengkap seperti yang ada di dalam susu kehamilan.

Jika alasannya malas minum susu, maka sepertinya tidak ada solusinya. Namun, jika alasannya eneg saat minum susu, mungkin ibu perlu mengganti susu kehamilan yang tidak mengandung banyak gula.

Sebaiknya ibu mengurungkan niat untuk berhenti minum susu. Ingat ya bu, susu yang ibu konsumsi setiap hari tersebut sudah mencukupi sekitar 60% kebutuhan nutrisi harian seorang ibu hamil lho. Jadi, jika ibu rajin minum susu, sebenarnya resiko janin mengalami masalah dalam perkembangan di rahim sudah berkurang.

Yang perlu ibu lakukan hanya mengurangi porsinya saja. Mungkin ibu bisa minum susu untuk ibu hamil sekali sehari dulu. Minuman berikut ini sebagai pengganti untuk sementara. Jadi, di pagi hari ibu minum susu. Di siang dan malam hari ibu bisa mengkonsumsi minuman sehat ibu hamil berikut ini.

Teh Hijau
Ada yang bilang ibu hamil tidak boleh minum teh. Alasannya ada kandungan berupa kafein di dalamnya.

Sebenarnya kafein memang tidak baik untuk ibu hamil. Hanya saja, karena kafein yang ada di dalam teh, terutama teh hijau jumlahnya sangat sedikit, maka hal tersebut tidak masalah.

Bahkan, minuman ini bisa dijadikan minuman yang tepat untuk ibu yang mengalami insomnia. Dengan mengkonsumsi teh hijau di malam hari, ibu akan mudah tertidur.

Akan tetapi, bukan itu yang menjadikan teh hijau ini minuman sehat untuk ibu hamil. Banyak sekali manfaat lain yang bisa ibu dapatkan. Salah satunya adalah antioksidan. Jadi, dengan mengkonsumsi teh hijau, kesehatan ibu akan selalu terjaga. Ibu tidak akan mudah sakit. Bukan itu penting juga untuk memastikan perkembangan janin baik?

Jus Avokad
Enak sakali jika ibu minum jus avokad di siang hari yang panas. Ditambah sedikit es, pasti sangat nikmat.

Tapi, tidak hanya nikmat saja. Jus avokad juga bagus untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Karena kandungan di dalam buah yang satu ini mampu untuk mengontrol produksi hormone yang menyebabkan stess.

Itu pasti tahu seorang ibu hamil mudah sekali marah. Dalam dunia kesehatan, itu disebut dengan mood swings. Ini bukan karena emosi tapi karena pengaruh hormone tertentu yang diproduksi lebih banyak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, tidak ada salahnya jika ibu minum jus avokad. Akan lebih nikmat jika ibu tambahkan susu kehamilan di dalam jus tersebut. Ibu tidak akan merasa eneg karena sudah dicampur dengan avokad.

Dua minuman sehat untuk ibu hamil tersebut bisa ibu jadikan pengganti sementara. Namun, jika ibu sudah terbiasa mengkonsumsi susu dan sistem pencernaan sudah bisa menyesuaikan, ibu bisa menambahkan minum susu dua kali sehari.

Yang ibu perlukan hanya bagaimana cara agar menghilangkan eneg saat minum susu kehamilan. Dan cara tersebut di atas sepertinya bagus untuk mengatasi masalah tersebut.


No comments:

Post a Comment