Wednesday, June 15, 2016

Susu Ibu Hamil dan Pengaruhnya Terhadap Produksi ASI


Ada banyak ibu hamil yang kecewa dan marah terhadap diri mereka sendiri setelah melahirkan sang buah hati. Alasannya mereka tidak bisa memberikan ASI untuk si kecil.



Ibu manapun pasti akan sangat sedih jika tidak bisa memberikan minuman terbaik untuk bayi ini. Mereka tidak akan memaafkan diri mereka sendiri karena tidak bisa memberikan ASI untuk sang buah hati.

Sebenarnya hal tersebut sering disebabkan kelalaiannya sendiri saat masih hamil. Mereka tidak mau minum susu ibu hamil. Mungkin mereka tidak tahu ada manfaat lain dari mengkonsumsi susu selain menjaga kesehatan serta perkembangan janin di dalam kandungan.

Adakah Manfaat Susu Kehamilan bagi Produksi ASI?
Apakah ibu tahu sejak kapan tubuh ibu sudah mempersiapkan diri untuk memproduksi ASI? Salah jika ibu menganggap saat ibu akan melahirkan baru tubuh ibu mulai siap memproduksi ASI.

Banyak ibu yang menjawab dengan jawaban tersebut. Hal ini disebabkan mereka merasa payudara mereka membesar dan terasa lebih kencang ketika masa kehamilan mencapai usia trimester ketiga. Lalu, mereka menganggap pada saat itulah ASI sudah mulai diproduksi.

Sebenarnya, ASI sudah mulai siap diproduksi saat kehamilan muda lho. Bahkan, saat ibu hamil muda, pada saat itulah ibu harus benar-benar memperhatikan nutrisi entah dari susu untuk ibu hamil atau makanan yang sehat. Karena jika tidak, maka kelenjar susu tidak akan siap untuk mulai mempersiapkan produksi ASI.

Berbahaya sekali jika saat hamil muda kelenjar susu belum siap. Seiring berjalannya waktu, tubuh ibu akan semakin tidak siap untuk mempersiapkan ASI untuk sang buah hati ketika ia lahir nanti. Apalagi jika ditambah dengan kondisi kesehatan ibu yang memburuk karena kekurangan nutrisi. Jelas hal ini sangat berbahaya.

Jadi, apakah ada hubungan antara minum susu untuk ibu hamil dengan produksi ASI? Jelas ada hubungannya. Pada dasarnya, jika kesehatan ibu terjaga, maka setiap organ tubuh akan bekerja sesuai dengan perannya masing-masing. Dan untuk menjaga kesehatan, tidak ada cara lain ibu harus selalu mengkonsumsi makanan yang sehat serta minum susu kehamilan.

Penyebab ASI tidak Keluar
Dari penjelasan tersebut di atas, penyebab ASI tidak keluar kemungkinan disebabkan kurangnya nutrisi saat ibu sedang mengandung, terutama pada saat masa kehamilan trimester pertama.

Hanya saja, penyebab ASI tidak keluar tidak hanya itu saja. Saat si kecil sudah lahir ke dunia dan ibu tidak bisa memberikan ASI, ada kemungkinan juga ada yang menyumbat pada payudara ibu.
Oleh sebab itu, jangan buru-buru kecewa dan marah terhadap diri sendiri karena merasa tidak bisa memberikan ASI. Masih ada cara yang bisa ibu lakukan dan barangkali berhasil. Konsultasikan dengan dokter anak jika ASI tidak keluar. Ibu akan mendapatkan pemeriksaan payudara jika ada sesuatu yang menghalangi keluarnya ASI.

Kesimpulannya, nutrisi saat ibu hamil itu sangat mempengaruhi saat bayi sudah lahir ke dunia. Jadi, mulai awal ibu hamil, ibu harus benar-benar serius menjaga kesehatan. Tinggalkan kebisaan buruk seperti minum minuman beralkohol atau minuman yang mengandung kafein. Ganti minuman tersebut dengan susu untuk ibu hamil atau jus buah.


Tidak itu saja. Hindari juga mengkonsumsi fastfood. Karena fastfood lebih banyak mengandung lemak daripada nutrisi yang dibutuhkan saat hamil. Selama ibu bisa menjaga kesehatan dengan baik, maka ibu tidak akan menemui kendala yang berarti mulai saat hamil, melahirkan, hingga masa menyusui nanti.

No comments:

Post a Comment