Thursday, June 9, 2016

Setelah Minum Susu Ibu Hamil, Bukannya Sehat Tapi Justru Lemas

susu ibu hamil
Ibu dan Balita

Banyak ibu hamil yang mengeluh setelah minum susu kehamilan. Yang mereka ketahui, susu ibu hamil itu baik untuk perkembangan janin.



Tapi apa kenyataannya? Justru kesehatannya mereka menjadi korban. Mereka malah sering lemas setelah minum susu. Mual dan muntah sekali mereka rasakan.

Jadi, banyak yang membuat kesimpulan susu kehamilan justru membuat tubuh lemas. Aneh tapi itulah yang mereka rasakan.

Mungkin ibu juga merasakan hal yang sama. Atau justru ibu sudah berhenti minum susu karena justru mual dan muntah dan akhirnya lemas setelah minum susu?

Jika ya, maka ibu merasa susu lah yang menjadi penyebab mual dan muntah. Padahal tidak. Cara ibu mengkonsumsi susu lah yang salah.

Apakah Ibu Minum Susu dengan Terburu-buru?
Mengkonsumsi susu kehamilan sekali teguk sebaiknya tidak ibu lakukan. Sayangnya, banyak ibu hamil yang terburu-buru saat minum susu. Terutama di pagi hari. Karena mereka harus berangkat kerja, maka mereka minum susu terburu-buru.

Pantas saja jika ibu selalu merasa mual dan muntah setiap kali minum susu. Yang bagus itu minum susu secara perlahan-lahan.

Minum susu secara terburu-buru tak ubahnya dengan makan dengan cepat. Coba ibu bayangkan jika ibu sangat lapar kemudian makan dengan lahap dan cepat. Maka ibu akan mudah tersedak dan terkadang perut menjadi sebah dan tak nyaman.

Seperti itu pula ilustrasi jika ibu minum susu untuk ibu hamil dengan terburu-buru.

Mulai sekarang ibu harus meluangkan waktu untuk minum susu. Sembari menyiapkan peralatan untuk pergi ke kantor, ibu bisa menghabiskan susu kehamilan. Jadi, perut tidak kaget sehingga ibu merasa mual dan bahkan akhirnya muntah.

Minum Susu dan Maka. Mana yang Lebih Dulu?
Bagi ibu yang sering sekali muntah setiap kali minum susu, maka sebaiknya ibu minum susu dahulu baru kemudian makan. Hal ini mencegah makanan yang sudah ibu konsumsi ibu muntahkan kembali.

Akan tetapi, saran yang paling direkomendasikan adalah makan dahulu dengan memberikan jeda sebelum ibu minum susu. Jadi, biarkan makanan diproses dulu oleh sistem pencernaan. Setelah itu, ibu baru minum susu.

Sebenarnya mual dan muntah itu disebabkan adanya zat atau nutrisi tertentu yang bertemu di dalam lambung. Nutrisi tersebut ternyata memberikan efek yang kurang baik sehingga membuat ibu merasa mual dan muntah.

Jadi, untuk mengantisipasi hal ini, ibu bisa minum susu dulu baru makan, atau makan dulu tapi harus ada jeda antara makan dan minum susu. Ibu pilih yang mana?

Jangan sampai ibu tidak mengkonsumsi susu kehamilan. Banyak sekali kasus bayi meninggal sejak masih ada di kandungan disebabkan ibu tidak mampu mencukupi kebutuhan nutrisi kehamilan. Padahal, dengan mengkonsumsi susu kehamilan, setidaknya ibu sudah mencukupi kurang lebih 60% kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan saat mengandung.

Selain untuk mencegah bayi mengalami keguguran, minum susu setiap hari juga mencegah bayi lahir dalam keadaan cacat. Tentu saja ibu ingin bayi ibu lahir dalam keadaan sempurna, bukan?

Meskipun demikian, tetap saja ibu harus menjalani gaya hidup yang sehat. Selain minum susu, ibu juga harus pastikan makanan yang ibu konsumsi mengandung berbagai jenis gizi ibu hamil.


Olahraga ringan secara teratur untuk menjaga stamina selama masa kehamilan. Makanan bergizi serta olahraga ringan akan menyempurnakan manfaat yang ditawarkan oleh susu kehamilan.

No comments:

Post a Comment