Wednesday, November 4, 2015

Adakah Makanan Pengganti Susu Ibu Hamil







Susu ibu hamil menjadi minuman yang wajib dikonsumsi para ibu yang sedang mengandung. Namun, banyak sekali alasan yang membuat ibu-ibu hamil malas untuk mengkonsumsi.
Oleh karena itu, muncul pertanyaan adakah makanan yang bisa dikonsumsi sebagai pengganti susu untuk ibu hamil. Tentu saja ada. Hanya saja, ibu jangan buru memutuskan untuk mengganti asupan gizi dari susu.
Jika alasannya adalah malas, maka itu artinya ibu tidak sayang dengan janin yang ibu kandung. Sementara itu, jika alasannya sering muntah setelah mengkonsumsi susu ibu hamil, ada alternatif lain agar ibu tidak merasa mual dan muntah.
Saat ini ada banyak sekali pilihan susu untuk ibu hamil dari berbagai merk. Selain itu, banyak juga pilihan rasa.
Ada baiknya ibu membaca dulu tips trik agar ibu tidak mual dan muntah ketika mengkonsumsi susu ibu hamil . Ada beberapa hal yang sebaiknya ibu perhatikan agar bisa mengkonsumsi susu tanpa rasa mual sehingga kesehatan ibu dan juga janin benar-benar terjaga.
Jika memang semua sudah dilakukan tapi tetap saja mual, maka alternatif terakhir adalah mengganti susu dengan makanan yang kandungannya sama dengan yang dikandung dalam susu untuk ibu hamil.


Kacang Almond
Kacang almond ini memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil seperti kalsium dan magnesium. Menurut ahli kesehatan, janin akan mengambil kalsium dari gigi dan tulang sang ibu jika tidak mendapatkan asupan kalisum magnesium yang cukup. Walhasil, sang ibu akan merasa cepat lelah dan sakit gigi.
Untuk mencukupi kalsium dan magnesium, ibu bisa mengkonsumsi kacang almond yang mana pada dasarnya susu ibu hamil sudah mengandung kalsium yang cukup untuk ibu.

Kacang Kedelai
Salah satu asupan gizi ibu hamil masa lalu sebelum adanya susu untuk ibu hamil adalah susu kacang kedelai. Dulu, para ibu hamil harus rajin mengkonsumsi susu kedelai. Meskipun demikian, ada pro kontra mengenai kacang atau susu kedelai ini. Ada beberapa pakar kesehatan yang mengatakan mengkonsumsi susu kedelai bisa mengakibatkan keguguran.

Ikan Laut
Tidak bisa dipungkiri ikan laut itu sangat penting bagi kesehatan janin dan juga ibu hamil. Bahkan, di beberapa negara seperti Jepang, ibu hamil menjadikan hidangan berupa ikan laut sebagai hidangan setiap hari.
Ikan laut mengandung protein yang tinggi seperti ikan salmon dan ikan tuna. Hanya saja, jangan sekali-kali ibu mengkonsumsi kepiting. Ini adalah jenis seafood yang jusru bisa mengakibatkan keguguran.

Bayam
Jika mendengar sayuran yang satu ini, mungkin ibu ingat dengan salah satu karakter kartun, yaitu Popeye. Dalam film kartun tersebut, Popeye menjadi sangat kuat setelah mengkonsumsi bayam.
Apakah hal ini terjadi juga pada ibu hamil? Ternyata, itu bukan manfaat utama yang bisa didapatkan oleh ibu hamil. Bayam mengandung asam folat yang sangat berperan dalam membangun sel.
Selain itu, di dalam sayuran ini, terdapat juga vitamin A, C, E dan juga K yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin. Bayam juga mengandung kalsium tinggi.
Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi jika ibu tidak bisa mengkonsumsi susu. Akan tetapi, sangat dianjurkan agar tetap berusaha untuk mengkonsumsi susu untuk hamil karena kandungannya sudah sesuai yang direkomendasikan oleh pakar gizi. Ibu bisa memilih susu dengan rasa favorite karena saat ini ada banyak sekali pilihan terkait dengan susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment