Monday, November 23, 2015

Susu Ibu Hamil untuk Keluhan Gusi Berdarah



 
susu ibu hamil
Friso Indonesia

 

Susu ibu hamil juga bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan keluhan kesehatan yang sering ibu alami selama masa kehamilan. Salah satunya adalah keluhan tentang gusi berdarah. Bagaimana susu kehamilan bisa mengobati gusi berdarah?


Sebenarnya, jika ibu tahu apa permasalah yang sebenarnya terjadi ketika ibu hamil mengalami keluhan berupa gusi berdarah, maka ibu akan tahu cara penanganannya yang baik. Dengan memilih susu yang mengandung nutrisi yang tepat, keluhan tersebut bisa diatasi tanpa harus mengeluarkan banyak tenaga untuk mencari obat gusi berdarah yang aman bagi ibu hamil.

Kenapa Ibu Hamil Sering Mengalami Gusi Berdarah

Gusi berdarah merupakan akibat dari kurangnya kalsium yang ibu serap dalam makanan. Bisa jadi makanan yang ibu konsumsi tidak mengandung kalsium yang cukup, atau juga tubuh ibu memerlukan kalsium yang sangat banyak. 

Untuk itu, selain mengkonsumsi tinggi kalsium, ibu juga harus memperhatikan susu ibu hamil. Apakah produk susu yang ibu pilih mengandung tinggi kalsium atau tidak. Memang sumber utama nutrisi untuk ibu hamil adalah makanan yang sehat. Akan tetapi, untuk memastikan nutrisi yang ibu butuhkan selama kehamilan tercukupi, ibu sebaiknya mengkonsumsi susu kehamilan. Susu tersebut sudah dibuat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, terutama kalsium.

Mungkin ibu bertanya kenapa ibu mengalami gusi berdarah padahal sebelumnya belum pernah ibu mengalami masalah tersebut. Harus ibu ketahui bahwa janin di dalam kandungan juga memerlukan kalsium. Kalsium tersebut digunakan untuk perkembangan janin, khususnya perkembangan tulang. Janin akan mengambil kalsium dari tulang dan juga gigi ibu ketika makanan yang ibu konsumsi tidak mampu memenuhi kebutuhan kalsium untuk perkembangan janin.

Pada saat itulah maka yang terjadi adalah keluhan berupa gusi berdarah. Selain itu, ada kemungkinan juga ibu akan mudah merasa lelah dan rasa nyeri pada bagian sendi-sendi lantaran kalsium dalam tulang ibu diambil oleh janin.

Jadi, ibu sekarang tahu pentingnya susu ibu hamil. Namun, pastikan ibu tidak memilih susu yang kadar kalsiumnya melebihi standar yang ditentukan oleh ahli gizi.

Hati-hati dengan Susu Kehamilan Tinggi Kalsium

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kalsium itu penting bagi perkembangan janin. Selain itu, kalsium juga akan mencegah dan mengobati keluhan kesehatan berupa gusi berdarah ketika masa kehamilan.

Hanya saja, ada satu hal yang perlu digarisbawahi, yaitu kadar kalsium sebaiknya sesuai dengan anjuran ahli gizi. Jika perlu, ibu harus berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu untuk memastikan kadar kalsium dalam susu ibu hamil yang ibu pilih sesuai dengan kebutuhan tubuh ibu. Pasalnya, jika kelebihan kalsium, yang terjadi justru akan membahayakan kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Susu yang terlalu tinggi kadar kalsiumnya akan membuat ibu mengalami kegemukan. Walaupun sebenarnya tidak hanya kalsium saja yang mengakibatkan kegemukan. Faktor lain juga sangat mempengaruhi seperti protein dan lemak yang terlalu tinggi.


Yang jelas, ibu harus memahami pentingnya kalsium dengan takaran yang tepat sesuai kebutuhan ibu dan perkembangan janin. Terlalu sedikit kalsium akan membuat ibu mengalami gusi berdarah. Sementara itu, terlalu tinggi kalsium beresiko mengakibatkan obesitas atau kegemukan. Padahal, ibu hamil yang mengalami obesitas rentan sekali terhadap keguguran. Tentu saja ibu tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Untuk itu, pastikan kadar kalsium tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu banyak dalam susu ibu hamil.


No comments:

Post a Comment