Thursday, November 12, 2015

Nutrisi Ibu Hamil yang Mempengaruhi Kecerdasan Otak Janin

Friso Indonesia

Nutrisi ibu hamil bisa diambil dari semua jenis makanan sehat dan juga susu. Jadi, tidak ada alasan tidak bisa memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh janin demi perkembangannya di dalam rahim.


Akan tetapi, apakah ibu tahu nutrisi apa saja yang ibu butuhkan agar otak janin bisa lebih cerdas? Berikut informasi tentang nutrisi penting pemicu kecerdasan janin.

Menurut dokter kandungan, semua makanan yang dikonsumsi ibu hamil itu sangat mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan, tak terkecuali juga perkembangan otak. Itulah mengapa ada nutrisi yang harus ibu berikan agar sang buah hati ibu cerdas nantinya.

Omega 3

Ibu pasti sudah familiar dengan istilah omega 3 ini. Kandungan ini ada pada susu ibu hamil dan juga susu balita. Omega 3 ini sangat baik untuk mencerdaskan otak janin yang masih ada di dalam kandungan. Itulah mengapa salah satu kandungan di dalam susu ibu hamil adalah omega 3.

Akan tetapi, omega 3 ini tidak hanya bisa ibu dapatkan dari susu saja. Jika ibu pecinta seafood, ibu bisa mengkonsumsi ikan salmon. Pasalnya, ikan salmon mengandung banyak sekali omega 3.

Akan tetapi, ibu tidak seharusnya bergantung pada ikan salmon terus menerus. Hal tersebut dikarenakan nutrisi ibu hamil berupa omega 3 di dalam ikan salmon tidak bisa dikontrol. Sementara itu, jika ibu mengkonsumsi susu ibu hamil, semua kandungannya terutama omega 3 sudah sesuai dengana anjuran ahli gizi.

Protein

Protein memang sering dikatakan sebagai nutrisi yang mempengaruhi pembentukan sel-sel tubuh janin. Namun, ternyata protein juga berperan penting dalam meningkatkan kecerdasan otak janin. Cara kerjanya adalah dengan memastikan sistem saraf berkembang sebagaimana mestinya.

Protein ini bisa ibu dapatkan dari daging sapi. Namun, resiko untuk mengalami masalah kesehatan lain cukup tinggi. Pasalnya, daging sapi mengandung lemak jahat. Agar lebih aman, ibu bisa mengkonsusmi kacang-kacangan yang juga mengandung protein tinggi. Kacang-kacangan tidak menimbulkan resiko masalah kesehatan seperti daging sapi.

AA dan DHA

AA dan DHA juga berperan penting untuk mengoptimalkan perkembangan otak janin. AA dan DHA ini sangat mudah ditemukan pada berbagai jenis seafood seperti ikan tuna dan ikan salmon.

Akan tetapi, jika ibu alergi atau tidak suka dengan seafood, ibu bisa menggantinya dengan daging unggas atau kuning telur. Jika ibu memilih untuk mengkonsumsi daging unggas, pastikan ibu memasak daging tersebut benar-benar matang.

Sebenarnya, semua nutrisi ibu hamil tersebut di atas bisa ibu dapatkan dari susu untuk ibu hamil. Jadi, jika ibu tidak sempat membuat makanan yang mengandung nutrisi tersebut di atas, ibu bisa mengkonsumsi susu yang kaya akan AA dan DHA, protein, serta omega 3 agar memastikan perkembangan otak janin normal.

Namun, memberikan nutrisi saja tidak cukup. Ibu juga harus menjaga perkembangan otak janin dengan cara memperdengarkan musik klasik, menghindari stress, sering mengajak janin berbicara, dan juga memberikan rangsangan visual.

Masa kehamilan itu sangat menyenangkan jika ibu tahu bagaimana caranya. Selama kehamilan, ibu tidak boleh tertekan karena harus selalu menjaga kesehatan ibu dan janin. Menjaga memang kewajiban, namun jangan sampai itu malah stress karena terlalu khawatir dengan segala hal. Dengan mengetahui nutrisi tersebut di atas, ibu menjadi tahu jenis makanan apa saja yang baik untuk janin. Jadi, mulai sekarang, pastikan ibu memenuhi nutrisi ibu hamil.


No comments:

Post a Comment