Wednesday, November 25, 2015

Apakah Ada Hubungan Antara Mengkonsumsi Susu Ibu Menyusui dengan Produksi ASI

susu ibu menyusui
Friso Indonesia

 

Susu ibu menyusui sering dihubungkan dengan produksi air susu ibu atau ASI. Benarkan itu? Fakta berikut ini akan merubah apa yang selama ini ibu yakini, bahwa ternyata tidak ada hubungan secara spesifik antara mengkonsumsi susu dengan produksi ASI. 


Selama ini, banyak sekali yang menganggap dengan mengkonsumsi susu untuk ibu menyusui, maka produksi ASI akan bertambah. Hal tersebut yang akhirnya membuat banyak ibu menyusui di luar sana harus bergonta-ganti susu hanya karena beberapa susu yang mereka coba tidak berpengaruh pada jumlah ASI yang mereka produksi. Mulai saat ini, ibu harus tahu tidak ada sama sekali pengaruh antara minum susu dengan produksi ASI.

Penelitian Alabama A&M University and Auburn University

Sebuah penelitian dilakukan dan kemudian hasilnya dipulikasikan oleh Alabama A&M University dan Auburn University melalui situs dalam tulisan atau artikel dengan judul Nutrition for The Nursing Mother. Dalam artikel disebutkan bahwa sebenarnya tidak ada kaitannya antara mengkonsumsi susu ibu menyusui dengan produksi ASI. Artinya, ibu yang mengkonsumsi susu itu tidak sacara otomatis mampu memproduksi ASI dalam jumlah yang banyak.

Lalu muncul pertanyaan kenapa ada susu formula untuk ibu menyusui dan apa urgensinya? Dari penelitian yang sama, dijelaskan bahwa susu yang dikonsumsi ibu menyusui itu hanya untuk mencukup gizi ibu sendiri. Makanya, kebanyakan susu untuk ibu yang sedang memberikan ASI kepada sang buah hati mengandung tinggi kalsium. Pasalnya, ibu menyusui membutuhkan kalsium yang sangat banyak jumlahnya sehingga suplai kalsium harus juga didapatkan dari susu selain dari makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Itulah mengapa muncul wacana ibu menyusui sebenarnya tidak wajib mengkonsumsi susu. Karena pada dasarnya suplai ASI yang tubuh ibu produksi itu sudah cukup banyak untuk kebutuhan si kecil. 

Lalu, bagaimana dengan para ibu yang tidak bisa mengeluarkan ASI? 

Kenapa ASI tidak Keluar

Yang jelas, tidak ada hubungannya antara mengkonsumsi susu ibu menyusui dengan produksi ASI. Bahkan, bukan langkah yang tepat jika ibu mengkonsumsi  susu tersebut agar ASI bisa diproduksi tubuh ibu.

Sebenarnya, jika ibu tidak mengerti penyebab ASI tidak diproduksi, maka apapun yang ibu lakukan termasuk mengkonsumsi susu khusus itu tidak ada gunannya. Salah satu penyebab ASI tidak keluar atau sulit keluar adalah stress. Ini yang sering dialami oleh ibu, terutama wanita karir. Stress tidak hanya berpengaruh pada kesehatan ibu, tapi juga produksi ASI. Itulah mengapa akhirnya banyak wanita karir yang memberikan susu formula untuk sang buah hati lantaran tidak mampu mensuplai ASI yang cukup.

Faktor yang lain adalah faktor kesehatan pada daerah payudara. Ada kondisi di mana ASI akan sangat sulit keluar walaupun ibu pompa. Hal tersebut biasanya dikarenakan adanya pembengkakan pada payudara ibu. Untuk yang satu ini, ibu bisa berkonsultasi dengan dokter.

Faktor lain adalah operasi caesar. Jika ibu melahirkan tidak normal, maka ada kemungkinan ASI tidak bisa keluar. Kebanyakan ASI akan keluar namun harus menunggu waktu cukup lama.

Nah, sekarang semoga ibu mengerti apa yang sebenanya terjadi jika ibu merasa ASI ibu tidak bisa keluar atau sulit keluar. Yang jelas, ibu salah besar jika menganggap susu akan memperlancar ASI. Susu hanya membantu kondisi kesehatan ibu terjaga karena nutrisi yang ibu butuhkan terpenuhi sehingga diharapkan ASI bisa ibu berikan untuk sang buah hati. Jadi, pandangan tentang susu ibu menyusui ini harus dipahami betul.

No comments:

Post a Comment