Sunday, November 22, 2015

Ternyata Kandungan dalam Strawberry Yang Juga Ada Pada Susu Ibu Hamil



susu ibu hamil
Friso Indonesia

 

Susu ibu hamil terkadang membuat ibu bosan, apalagi jika ibu selalu mual dan muntah setelah mengkonsumsi susu tersebut. Ternyata, ibu juga bisa mendapatkan nutrisi yang ada pada susu kehamilan dari mengkonsumsi buah strawberry. Jadi, jika ibu justru lebih sering memuntahkan susu kehamilan yang baru saja dikonsumsi, ibu bisa mencoba mengkonsumsi strawberry terlebih dahulu.


Namun, nutrisi yang ada pada buah yang satu ini hanya sedikit, tidak ada separoh nutrisi yang bisa didapatkan dalam susu kehamilan. Untuk itu, strawberry hanya dibuat selingan ketika suatu saat nanti ibu benar-benar tidak bisa mengkonsumsi susu ibu hamil

Manfaat Buah Strawberry 

Salah satu kandungan penting dalam susu kehamilan adalah asam folat. Zat ini berperan aktif dalam pembentukan sel darah merah, sistem saraf, dan juga perkembangan janin secara umum. Bahkan, kekurangan nutrisi ibu hamil yang satu ini disinyalir menjadi penyebab bayi lahir dalam keadaan cacat, bayi lahir prematur, dan bahkan keguguran.

Itulah mengapa para ahli kesehatan kandungan sangat menekankan pentingnya asupan makanan yang mengandung asam folat. Para produsen susu kehamilan mulai menyempurnakan formulanya dengan cara menambahkan kadar asam folat yang sesuai dengan anjuran ahli gizi untuk ibu hamil.

Namun, tahukah ibu ternyata asam folat juga ditemukan pada strawberry? 8 buah strawberry mengandung asam folat sebesar 7,5% dari kebutuhan 400 mikrogram. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, strawberry tidak bisa menggantikan susu ibu hamil karena kandungannya yang lebih sedikit jika dibandingkan pada susu. Hanya saja, buah ini bisa dijadikan suplemen jika ibu pada kondisi tertentu benar-benar tidak bisa mengkonsumsi susu.

Tidak banyak yang tahu ternyata strawberry juga mengandung antioksidan. Apa pentingnya antioksidan bagi ibu hamil? Tentu saja penting. Apalagi bagi ibu yang sedang mengandung saat musim hujan. Pasti ibu lebih rentan terhadap penyakit. Daripada harus mengkonsumsi obat-obatan yang bisa jadi mempengaruhi perkembangan janin, alangkah lebih baiknya jika ibu melakukan pencegahan dengan cara mengkonsumsi strawberry setiap hari. Antioksidan yang terkandung pada buah ini akan membuat sistem kekebalan tubuh ibu semakin kuat. Dengan kata lain, ibu tidak akan mudah sakit meskipun saat cuaca tidak mendukung.

Antioksidan ini juga sebenarnya terkandung dalam susu ibu hamil, terutama pada susu kedelai. Tentu saja antioksidan pada susu sudah ditakar sesuai anjuran dokter.

Mengkonsumsi strawberry juga bisa mencegah anemia. Pada kehamilan trisemester pertama, ibu hamil lebih sering mengalami anemia. Hal ini dikarenakan janin sangat membutuhkan sel darah merah untuk perkembangan. Untuk itu, jika ibu tidak memberikan suplai sel darah merah yang cukup, maka ibu nanti akan kekurangan sehingga yang terjadi adalah anemia.

Strawberry mengandung zat besi yang tinggi sehingga buah ini akan mempercepat pembentukan sel darah merah. Bagi ibu yang sekarang mengalami anemia, tinggalkan mengkonsumsi obat kimiawi. Ibu bisa membuat jus strawberry atau mengkonsumsinya secara langsung. Jelas lebih aman dan alami.

Menggantikan Susu Ibu hamil dengan Strawberry


Tentu bukan langkah yang bijak jika ibu mengganti susu kehamilan dengan strawberry. Susu merupakan minuman wajib bagi ibu hamil. Meskipun strawberry mengandung nutrisi seperti pada susu, bukan berarti strawberry akan sepenuhnya menggantikan susu. Jika ibu muntah setelah mengkonsumsi susu, mungkin ibu hanya perlu mengganti susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment