Thursday, November 12, 2015

Kenapa Susu Ibu Hamil Penting Bagi Wanita yang Memiliki Riwayat Diabetes


Susu ibu hamil akan sangat membantu untuk mengurangi resiko meningkatkan gula darah dalam tubuh. Bahkan, susu tersebut akan membuat gula darah stabil dan ibu tidak perlu khawatir dengan diabetes.



Sayangnya, tidak semua susu untuk ibu hamil memiliki kandungan gula yang rendah. Sebelum membeli, ibu harus memastikan bahwa kandungan gula dalam susu tidak melebihi yang disarankan oleh dokter sehingga gula darah ibu tidak naik.

Sebenarnya, penyakit diabetes ini bukan hanya masalah ibu saja, namun juga berpengaruh pada janin yang ada di dalam kandungan. Apa saja hal-hal yang mungkin terjadi terhadap janin ibu jika gula darah ibu naik pada masa kehamilan?

Pengaruh Diabetes Pada Janin

Tidak berlebihan jika mengatakan bahwa susu ibu hamil merupakan penyelamat sang bayi yang ada di dalam kandungan. Selain memberikan nutrisi yang penting bagi perkembangan janin di dalam kandungan, susu tersebut juga menurunkan resiko kematian pada saat proses persalinan.

Akan tetapi, kasus yang sering terjadi adalah bayi lahir dalam keadaan prematur. Itulah mengapa ibu hamil yang memiliki masalah diabetes harus melakukan kontrol gula darah secara rutin agar resiko janin lahir dalam keadaan prematur bisa ditekan.

Selain itu, kasus sulitnya proses persalinan juga sering diakibatkan oleh diabetes yang dialami oleh ibu. Glukosa yang berlebihan akan melewati plasenta di mana hal tersebut akan mempengaruhi produksi insulin. Pankreas memproduksi insulin terlalu banyak sehingga tubuh sang bayi terlalu besar. Walhasil, proses persalinan akan sangat sulit sekali.

Tentu itu adalah sebagian dari kasus yang terjadi akibat ibu tidak memiliki diabetes dan tidak bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh pada masa hamil. Ibu yang memiliki riwayat diabetes harus hati-hati. Selain mengkonsumsi susu ibu hamil yang rendah gula, sebaiknya ibu juga menerapkan pola hidup sehat saat hamil.

Pola Hidup Sehat Ibu Hamil yang Memiliki Riwayat Diabetes

Ibu tidak boleh hanya mengandalkan susu hamil rendah gula saja. Ada beberapa tips yang bisa ibu praktekkan untuk mengatasi masalah diabetes ini sehingga hal-hal buruk yang bisa saja terjadi pada bayi yang ada di dalam kandungan tidak akan terjadi.

Melakukan aktivitas setiap hari merupakan hal wajib ibu lakukan. Apakah ibu seorang wanita karir? Mulai sekarang jangan mengeluh dengan pekerjaan. Ibu harus menganggap pekerjaan yang ibu lakukan adalah pekerjaan yang bisa menurunkan gula darah. Apalagi jika pekerjaan tersebut menuntut ibu untuk bergerak. Hal tersebut justru lebih baik.

Bagi ibu rumah tangga, lakukan kegiatan setiap hari seperti biasanya mulai dari memasak, membersihkan lantai, mencuci, dan lain sebagainya. Hanya saja, karena kebanyakan pekerjaan membutuhkan aktivitas fisik, pastikan ibu tidak terlalu kecapaian.

Tips yang sangat dianjurkan untuk dilakukan adalah mengikuti kelas olahraga khusus ibu hamil. Salah satu cara untuk menjaga perkembangan janin adalah dengan cara mengikut kelas olahraga ibu hamil, mulai dari senam ibu hamil dan juga berenang. Ibu tinggal memilih mana jenis olahraga yang ibu sukai.

Dan yang tak kalah penting adalah secara rutin melakukan tes gula darah di puskesmas atau medical center terdekat. Hal ini diperlukan untuk memastikan gula darah ibu masih dalam taraf aman. Lakukan tips-tips tersebut di atas dengan senang hati dan jangan lupa mengkonsumsi susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment