Sunday, November 8, 2015

Kenapa Susu Ibu Hamil Menyebabkan Diare

susu ibu hamil



Susu ibu hamil sering dikatakan penyebab diare. Tentu hal tersebut tidak sepenuhnya benar karena diere disebabkan oleh berbagai faktor. Hanya saja, dapat dipahami jika kesimpulan tersebut diambil. Pasalnya, banyak ibu hamil yang sering diare setelah mengkonsumsi susu. Lalu, mereka akan mengganti dengan susu untuk ibu hamil yang lain.

Namun, sekarang ibu harus lebih bijak mengambil keputusan. Jangan sampai ibu membuat keputusan yang salah. Ibu harus tahu beberapa faktor penyebab diare. Tidak dipungkiri bahwa susu menjadi salah satu faktor penyebab diare. Akan tetapi, kenapa hal itu bisa terjadi? Berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab Ibu Hamil Diare
Sebenarnya, merupakan hal yang wajar jika ibu hamil sering mengalami diare. Menurut ahli medis, diare menjadi salah satu reaksi yang terjadi pada tubuh ibu hamil. Ketika masa kehamilan, tubuh memproduksi hormon lebih banyak dibandingkan sebelum hamil. Hal tersebut sangat diperlukan agar hormon tersebut bisa menyeimbangkan tubuh.

Ketika jumlah hormone melimpah maka produksi asam pun menjadi banyak. Walhasil, sistem pencernaan akan bekerja lebih keras karena lebih sering terserang bakteri penyebab diare.

Lalu, bagaimana dengan susu ibu hamil? Kenapa banyak ibu hamil setelah mengkonsumsi susu merasa mulas dan diare? Salah satu kandungan dalam susu untuk wanita hamil adalah laktosa. Ini merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan ketika masa kehamilan.

Hanya saja, ada susu wanita hamil yang hanya mengandung laktosa dalam jumlah yang sedikit. Susu dengan kadar laktoso sedikit akan membuat sistem pencernaan kesulitan untuk mencerna susu tersebut. Oleh karena itu, ibu hamil akan sering diare setelah mengkonsumsi susu tersebut.

Dari penjelasan tersebut di atas, ada dua kesimpulan. Yang pertama, diare saat hamil itu merupakan hal yang wajar karena reaksi alami tubuh sang ibu ketika hamil. Yang kedua, diare disebabkan oleh susu untuk hamil yang hanya mengandung laktosa.

Dengan mengetahui penyebab tersebut, ibu sekarang akan lebih bijak menentukan sebuah keputusan apa yang akan ibu lakukan untuk mengatasi diare saat kehamilan. Tentu menginggalkan mengkonsumsi susu sangat tidak dianjurkan. Pasalnya, ibu perlu minum susu setiap hari agar nutrisi ibu hamil terpenuhi.

Cara Mengatasi Diare Saat Hamil
Mengkonsumsi obat diare tentu bukan cara yang tepat. Obat-obatan bisa berpengaruh buruk terhadap perkembangan janin dalam kandungan. Sementara itu, menghentikan mengkonsumsi susu tentu tidak disarankan.

Salah satu cara mudah mengatasi diare adalah mengkonsumsi cairan yang yang mengandung oralit alami seperti air kelapa muda, jus buah, dan air kaldu. Ibu juga harus mulai mengkonsumsi air putih lebih banyak.

Ada baiknya juga ibu berkonsultasi dengan dokter karena dikhawatirkan ibu memilih susu ibu hamil yang kurang tepat untuk kondisi kesehatan ibu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandungan laktosa yang rendah pada susu yang ibu konsumsi merupakan salah satu penyebab diare.

Mulai sekarang, ibu sudah bisa menjelaskan kepada rekan atau saudara yang mungkin bertanya kenapa mengkonsumsi susu saat hamil sering mengakibatkan diare. Yang jelas, jangan terburu-buru mengganti susu untuk ibu hamil dengan merk yang lain. Ketahui dulu penyebab diare agar ibu mendapatkan solusi yang tepat.

Selain itu, ibu harus melakukan aktivitas yang dianjurkan oleh dokter kandungan. Hamil bukan menjadi alasan untuk mengurangi aktivitas. Memang kecapaian akan menganggu perkembangan janin yang ibu kandung. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada aktivitas fisik yang sebaiknya ibu lakukan selain juga secara rutin mengkonsumsi susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment