Sunday, November 22, 2015

Bagaimana Menentukan Susu Ibu Hamil yang Baik untuk Ibu




susu ibu hamil
Friso Indonesia

 

Susu ibu hamil bisa dikatakan menentukan lebih dari 50% perkembangan janin dalam kandungan. Pasalnya, kandungan nutrisi di dalamnya sangat lengkap. Akan tetapi, tidak pasti susu untuk ibu hamil itu baik. Baik atau tidaknya susu kehamilan itu tidak hanya ditentukan oleh nutrisi yang ada di dalamnya, tapi juga kondisi kesehatan ibu hamil. Padahal, setiap ibu hamil memiliki kondisi kesehatan yang berbeda-beda.


Akan tetapi, susu ibu hamil yang terbaik telah diproduksi dengan kandungan nutrisi yang sesuai dengan anjuran ahli gizi ibu hamil. Setiap kandungan ditakar sesuai dengan kondisi kesehatan ibu hamil pada umumnya.

Untuk itu, sudah semestinya ibu mengetahui tentang nutrisi ibu hamil yang diperlukan. Kemudian, ibu bisa mencocokkan apakah nutrisi yang ibu perlukan itu sudah ada di dalam susu kehamilan atau tidak. Berikut ulasan selengkapnya.

Kalsium 

Berapa usia kehamilan ibu sekarang? Apakah ibu pernah merasakan sakit gigi atau tulang terasa linu dan mudah lelah? Itu bisa dikarenakan kalsium dalam tubuh ibu diambil oleh janin karena janin membutuhkan kalsium dengan jumlah yang banyak untuk pertumbuhan. Kalsium diambil dari tulang dan juga gigi karena ibu tidak mampu menyediakan nutrisi berupa kalsium yang cukup.

Oleh karena itu, pastikan ibu memilih susu ibu hamil yang mengandung tinggi kalsium. Selain itu kesehatan ibu sendiri, kalsium juga sangat penting bagi perkembangan bayi dalam kandungan. Kekurang kalsium bisa mengakibatkan bayi lahir dalam keadaan cacat karena perkembangannya terganggu ketika masih dalam rahim.

Vitamin D

Sebenarnya sangat mudah sekali mendapatkan vitamin D. Dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi saja ibu bisa mendapatkan vitamin D. Akan tetapi pertanyaannya adalah cukupkah vitamin D yang ibu dapatkan dari sinar matahari pagi?

Tentu saja tidak. Jumlah vitamin D yang dibutuhkan ibu hamil sangat banyak. Untuk itu, mengkonsumsi sayuran yang mengandung vitamin D dan juga susu kehamilan merupakan keharusan. Susu tersebut mengandung nutrisi ibu hamil tak terkecuali vitamin D. Kekurangan vitamin D akan membuat ibu rentan terkena penyakit diabetes. Apalagi jika ibu memiliki riwayat diabetes, maka resiko terkena diabetes ini sangat tinggi.

Sementara itu, bagi janin yang ada di kandungan, vitamin D itu dibutuhkan untuk menjaga sistem imun tubuh, otak, dan otot. Ibu bisa memprediksi bagaimana jika janin tidak mendapatkan suplai vitamin D yang cukup.

Yodium 

Kasus bayi lahir prematur atau bahkan keguguran sering disebabkan ibu hamil tidak bisa memberikan cukup yodium untuk si kecil selama masa kehamilan. Tentu saja ibu tidak menginginkan hal ini terjadi, bukan?

Selain DHA, AA, dan Omega 3 sering dikaitkan dengan peningkatan kecerdasan otak janin, ibu tidak boleh mengesampingkan kesehatan janin secara umum. Untuk itu, pastikan ibu hanya memilih susu ibu hamil yang mengandung yodium dengan kadar sesuai rekomendasi ahli gizi.

Menurut ahli gizi, ibu hamil membutuhkan yodium sebanyak 200 mikrogram setiap hari. Selain dari susu kehamilan, ibu juga bisa mendapatkan suplai yodium dari berbagai jenis sayuran dan juga seafood. 

Itulah beberapa nutrisi ibu hamil yang perlu ibu ketahui. Dengan mengetahui informasi tersebut. Ibu bisa selektif dan bijak dalam memilih makanan apa yang sehat dan disarankan untuk dikonsumsi. Telitilah membeli makanan dengan cara mengetahui kandungan yang ada di dalam makanan tersebut. Selain itu, ibu juga harus bisa memastikan memberikan asupan berupa nutrisi tersebut melalui susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment