Thursday, November 12, 2015

Apakah Ada Nutrisi Ibu Hamil untuk Mengobati Momnesia



Nutrisi ibu hamil sepertinya sudah ada pada susu dan makanan yang bergizi. Nutrisi tersebut akan membantu masa-masa kehamilan lebih ringan. Segala keluhan kesehatan yang sering muncul pada masa kehamilan bisa diantisipasi. Selain itu, nutrisi tersebut bisa menjaga kesehatan janin yang ada di dalam kandungan.

Akan tetapi, apakah ada nutrisi yang bisa mengobati momnesia?

Mungkin ada beberapa ibu yang masih asing dengan istilah momnesia ini. Momnesia bisa dikatakan penyakit yang mengidap pada saat kehamilan, terutama hamil muda. Sebelum lebih jauh membahas tentang nutrisi untuk mengobati momnesia, ibu harus tahu apa yang dimaksud dengan momnesia ini.

Apa itu Momnesia

Jika ibu sedang dalam masa kehamilan muda, apa keluhan yang sering ibu rasakan? Rasa mual, muntah, dan diare merupakan masalah kesehatan yang sering terjadi pada ibu hamil.

Apakah ibu sering lupa mematikan kompor, menaruh kunci, atau lupa mengingatkan suami untuk melakukan sesuatu? Jika itu terjadi, maka ibu mengalami momnesia. Oleh karena itu, momnesia bisa dikatakan sebagai penyakit lupa. Ibu sering lupa untuk melakukan entah hal tidak penting maupun penting.

Lalu, apakah hal tersebut berpengaruh buruk pada psikologi ibu? Ternyata tidak. Menurut ahli medis, momnesia merupakan hal yang wajar, apalagi ketika masa kehamilan pada trisemester pertama. Ibu hamil akan lebih sering stress dan tertekan karena tidak hanya memikirkan dirinya, tapi juga janin yang ada di dalam kandungan.

Belum lagi dengan berbagai jenis pekerjaan rumah bagi ibu rumah tangga, atau pekerjaan kantor bagi wanita karir. Beban yang semakin menumpuk tersebut memicu kinerja otak tidak terlalu efektif. Otak seperti dikerja terlalu keras namun kemampuannya terbatas.  Itulah mengapa ibu hamil sering lupa atau disebut momnesia.

Apakah ada obat yang mengandung nutrisiibu hamil untuk mengobati momnesia ini? Jika dilihat dari penyebabnya, sepertinya obat memperkuat kecerdasan otak dan ingatan bisa menjadi solusinya. Akan tetapi, amankah obat seperti itu untuk perkembangan janin?

Sebelum lebih jauh membahas tentang obat momnesia, ibu harus mengetahui terlebih dahulu adakah faktor internal yang mengakibatkan sering lupa saat hamil ini.

Lebih lanjut, para ahli medis menjelaskan, pertumbuhan hormon estrogen dan progesteron 15-40 kali lebih banyak dari biasanya ternyata menjadi salah satu faktor munculnya momnesia ini. Selain itu, produksi susu saat kehamilan juga mempengaruhi kerja otak dan menjadi penyebab sering lupa.

Lalu, apa yang harus ibu lakukan? Apakah ibu harus mengkonsumsi obat tertentu?

Tidak Ada Obat untuk Menyembuhkan Momnesia

Mungkin ibu akan berpikir untuk mengkonsumsi obat penguat ingatan. Akan tetapi, hal tersebut sia-sia saja. Tidak ada nutrisi ibu hamil yang tepat yang bisa mengobati momnesia ini.

Sering lupa saat hamil merupakan hal yang lumrah atau wajar. Bahkan, momnesia tersebut akan berangsur-angsur hilang secara sendirinya ketika bayi lahir nanti. Jadi, ibu tidak perlu repot-repot mencari obat, mulai dari obat tradisional sampai obat kimiawi untu mengobati momnesia ini.

Umumnya, momnesia ini akan beranngsur-angsur hilang setelah melahirkan sang buah hati sekitar dua minggu. Akan tetapi, ada kasus di mana momnesia ini bertahan cukup lama hingga dua tahun.

Yang jelas, penyebab dari momnesia ini adalah stress dan terlalu banyak pekerjaan yang ibu pikirkan. Oleh karena itu, ibu harus sering rileks pada masa kehamilan agar tidak mudah stress dan mengalami momnesia. Jadi, ibu tidak perlu mencari nutrisiibu hamil utuk mengobati momnesia. 

No comments:

Post a Comment