Monday, November 16, 2015

Susu ibu Hamil dan Makanan yang Harus Dikonsumsi Penderita Diabetes


Susu ibu hamil tidak hanya menyuplai nutrisi yang diperlukan oleh ibu saat hamil dan juga janin di dalam kandungan. Lebih dari itu, susu yang ibu konsumsi pada waktu kehamilan juga harus menurunkan kadar gula penyebab diabetes.



Tentu saja susu ini khusus untuk penderita diabetes tanpa harus mengurangi nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin. Hanya saja tidak banyak yang tahu susu seperti apa yang tidak membuat kadar gula dalam darah naik sehingga mengakibatkan diabetes.

Ibu perlu mengetahui bahwa diabetes itu sangat berbahaya ketika ibu sedang hamil. Bahkan, resiko menularnya penyakit ini ke janin sangat tinggi. Oleh karena itu, tidak ada cara lain selain mengkonsumsi susu ibu hamil khusus untuk penderita diabetes.

Susu Kehamilan untuk Penderita Diabetes

Pertanyaan yang sering ditanyakan apakah ada susu ibu hamil yang bisa mencegah tingginya kadar gula. Tentu saja ada. Hanya saja kandungan renah kadar gula tersebut tidak terlalu di ekspos.

Sebenarnya, susu untuk ibu hamil yang baik itu harus mengandung rendah kadar gula. Bahkan, akan lebih baik jika tidak mengandung glukosa susu yang seperti ini yang perlu ibu pilih.

Ibu perlu melakukan riset kecil-kecilan sebelum memutuskan membeli dan mengkonsumsi susu kehamilan. Pastikan kadar gula yang terkandung tidak melebihi saran dari dokter.

Seperti yang telah dijelaskan di awal diabetes itu merupakan ancaman bagi janin. Pasalnya, penyakit ini bisa menular ke janin yang ibu kandung. Tentu saja ibu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Akan tetapi, mengkonsumsi susu ibu hamil yang rendah kadar gula atau bakan 0% kadar gula itu sebaiknya bukan satu-satunya cara untuk mencegah diabetes. Jika ibu sudah divonis memiliki diabetes, sebaiknya ibu mempertimbangan untuk mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini.

Makanan Ibu Hamil Penderita Diabetes

Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, ibu juga harus memilih makanan yang tidak memperburuk diabetes yang ibu derita. Salah satunya adalah roti gandum. Ini adalah makanan sehat dan baik bagi ibu hamil penderita diabetes. Bagi wanita karir, makanan ini jelas memberikan manfaat yang banyak. Selain baik, makanan ini sangat mudah dibuat. Mereka tidak perlu berlama-lama membuat makanan ini. Mereka juga tidak perlu takut terlambat ke kantor.

Selain roti gandum, ibu juga bisa mengkonsumsi sayur bening bayam. Bayam memiliki kandungan yang terdapat pada susu ibu hamil seperti vitamin A. Jika roti gandum menjadi menu untuk sarapan pagi, di siang hari ibu bisa makan siang dengan sayur bening bayam.

Sementara itu, untuk menyegarkan mulut, ibu bisa makan buah melon. Buah ini sangat baik bagi ibu hamil penderita diabetes. Buah ini akan sedikit demi sedikit menurunkan kadar gula dalam tubuh.

Sayangnya, makanan serta minum susu saja tidak begitu saja bisa membuat badan terbebas dari diabetes. Ibu harus rajin berolahraga agar glukosa dalam tubuh ibu digunakan dan dikonversi menjadi energi sehingga resiko diabetes bisa dihindari.

Itulah beberapa tips sederhana tentang makanan serta susu untuk hamil yang memiliki masalah diabetes. Semoga diabetes ibu bisa sembuh justru pada saat hamil. Motivasi lain selain ingin sembuh adalah agar buah hati ibu tidak lahir ke dunia dan mengalami masalah diabetes yang sama dengan ibunya. Lakukan olahraga teratur, makan makanan yang direkomendasikan serta jangan lupa minum susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment