Thursday, January 14, 2016

Catatan Penting Tentang Susu Ibu Hamil

 
susu ibu hamil
Friso Indonesia


 



Susu ibu hamil membuat mual dan muntah? Apakah itu yang selama ini ibu keluhkan? Jika ya, ibu salah satu dari sekian banyak ibu hamil di luar sana yang mengatakan demikian. Itulah mengapa ada beberapa catatan yang harus ibu ketahui seputar susu kehamilan. Setidaknya, catatan ini bisa membuat wawasan ibu semakin luas sehingga tidak salah menilai tentang susu kehamilan.


 

Susu Kehamilan Bukan Sumber Nutrisi Utama
Siapa yang bilang susu untuk ibu hamil merupakan satu-satunya sumber nutrisi yang diperlukan ibu hamil? Anggapan tersebut salah besar. Bahkan, ada juga mengatakan susu kehamilan harus dikonsumsi setiap ibu hamil.
Sebenarnya, adanya susu ibu hamil ini dikarenakan banyak ibu hamil yang tidak begitu memperhatikan makanannya. Lihat saja lebih banyak mana makanan fast food dengan makanan sehat?
Lain dulu lain sekarang. Mungkin ibu-ibu dahulu mudah sekali mendapatkan makanan sehat. Bisa dikatakan dulu tidak ada makanan fast food seperti saat ini sehingga masyarakat dulu memiliki kondisi tubuh yang sangat sehat
Ibu-ibu hamil dulu hanya butuh membeli sayuran segar yang dijual di pasar. Dan bahkan ada juga yang menanamnya sendiri di ladang. Makanya, mereka sangat sehat walaupun tidak  mengkonsumsi susu ibu hamil.
Lain hal dengan sekarang. Saat ini fast food lebih banyak dan lebih disenangi. Lalu, darimana mereka mendapatkan nutrisi ibu hamil? Itulah mengapa ada susu kehamilan yang mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil.
Namun, bukan berarti susu itu sumber utama nutrisi untuk ibu hamil. Susu hanya suplemen saja. Jika ibu mual dan muntah setiap kali minum susu, bukannya tambah sehat tapi justru lemah lesu karena justru semua makanan yang ada di dalam perut ibu keluarkan, ibu tidak perlu minum susu. Konsumsi makanan yang mengandung nutrisi ibu hamil seperti kalsium pada sayuran, protein pada kacang-kacangan, dan lain sebagainya.
Akan tetapi, bagi ibu yang tidak yakin bisa selalu makan makanan yang sehat, mengkonsumsi susu ibu hamil tentu cara yang paling mudah dan efektif.
Bukan Susu yang Membuat Mual
Ibu-ibu hamil terlanjur mempercayai bahwa susu kehamilan lah yang membuat mereka mual dan muntah. Bahkan, ada juga ibu hamil yang dengan susah payah mengkonsumsi susu. Namun, hasilnya sama saja. Semua yang ia konsumsi malah dikeluarkan karena muntah.
Hal tersebutlah yang membuat banyak yang mengaggap susu ibu hamil penyebab mual dan muntah. Padahal, yang sebenrnya adalah dikarenakan produksi hormone yang meningkat.
Sayangnya, anggapan yang sudah terlanjur dipercaya masyarakat luas sudah untuk dihilangkan. Setiap kali ibu hamil muntah, yang disalahkan selalu susu kehamilan. Padahal, agar tidak mual saat minum susu, mereka hanya perlu mengurangi takaran susu saja. Selain itu, mereka juga bisa makanan makanan yang tidak menimbulkan gas dalam perut sehingga setiap kali makanan atau minum, mereka tidak mual.
Sekarang ini, yang diperlukan oleh para ibu hamil adalah pemahaman yang benar mengenai susu ibu hamil. Susu merupakan sumber nutrisi yang diperlukan janin untuk berkembang. Meskipun bukan sumber utama, susu sebaiknya dikonsumsi setiap hari untuk memastikan tidak ada masalah dengan perkembangan janin dalam kandungan. Sehingga bayi yang ibu kandung bisa berkembangan baik dan lahir dalam keadaan normal. Bukankah itu yang diinginkan oleh setiap ibu hamil? Untuk itu, ibu harus berusaha untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan janin untuk berkembang entah dari makanan atau susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment