Monday, January 18, 2016

Ternyata, Tidak Hanya Susu Ibu Hamil Saja yang Bisa Menstimulasi Otak Janin Lho



susu ibu hamil
Friso Infonesia

  
Susu ibu hamil sering diidentikkan dengan minuman wajib yang akan memastikan janin dalam kandungan tumbuh sehat. Selain itu, masyarakat juga tahu susu tersebut bisa mencerdaskan bayi walaupun masih ada di dalam kandungan.



Hal tersebut memang benar karena adanya kandungan nutrisi yang baik untuk menunjang perkembangan janin seperti protein, kalsium, dan vitamin dan juga menunjang perkembangan saraf seperti omega 3.
Hanya saja, terlalu cepat untuk menyimpulkan bahwa susu ibu hamil lah yang membuat bayi ibu cerdas. Jika ibu concern terhadap perkembangan saraf mulai ketika bayi masih ada di dalam kandungan, lakukan beberapa aktivitas berikut ini.
Aerobik Air
Mungkin tren olahraga aerobik air ini tidak begitu populer di Indonesia. Ini bukan sekedar berenang. Ini merupakan aerobik yang dilakukan di dalam air.  Ibu memerlukan instruktur yang profesional untuk melakukan olahraga jenis ini.
Lalu, apa hubungannya antara aerobik dengan perkembangan otak janin dalam kandungan? Sebenarnya, ada banyak sekali manfaat dari aerobik air ini. Salah satunya, resiko cidera ketika olahraga bisa ditekan. Hal ini jelas berbeda ketika ibu olahraga di darat.
Selain itu, aerobik di air akan menguatkan otot. Dan yang paling penting, aktivitas aerobik air ini akan mengaktifkan perkembangan sel otak janin.
Jadi, jika ibu biasa berenang, mulailan untuk mencoba olahraga ini karena manfaatnya sangat bagus untuk ibu dan juga janin khususnya kecerdasan otak janin.
Memperdengarkan Musik Tradisional
Mungkin ibu pernah dengar bahwa cara lain agar perkembangan otak janin bagus selain memberikan susu ibu hamil adalah memperdengarkan musik klasik Beethoven. Sebenarnya, tidak hanya musik klasik Beethoven saja yang bisa ibu perdengarkan. Ibu juga bisa memilih musik tradisional yang biasanya bernada lambat.
Jika ibu orang Jawa, ada musik Jawa yang sering diputar oleh orang-orang tua di siang hari. Musik tersebut sangat menentramkan bagi mereka. Sementara itu, jika ibu memperdengarkan musik tersebut kepada janin, perkembagan sel otaknya akan lebih maksimal.
Hanya saja, ibu harus pilih waktu yang tepat untuk memperdengarkan musik tersebut. Sebaiknya, ibu memilih waktu ketika janin sedang istirahat atau tidur seperti di siang atau di malam hari.
Mengelus Perut Sambil Berbicara kepada Bayi
Tidak bisa dipungkir bahwa nutrisi ibu hamil yang terkandung dalam susu kehamilan merupakan faktor yang penting untuk kesehatan dan kecerdasan janin. Akan tetapi, jangan remehkan faktor luar yang satu ini. Untuk masa kehamilan yang sudah menginjak 5 bulan, bayi sudah bisa diajak berkomunikasi. Untuk merangsangnya, ibu bisa mengelus perut ibu dan mencoba berkomunikasi dengan si kecil yang masih ada di dalam kandungan.
Lakukan hal tersebut terus menerus karena secara tidak langsung otak si kecil akan terasah. Sel-sel saraf akan berkembang karena mendapatkan rangsangan dari luar. Jadi, cara ini bisa ibu terapkan selain juga memperdengarkan musik klasik atau musik tradisional.
Itulah beberapa hal yang bisa ibu lakukan agar otak bayi  dalam kandungan berkembang baik. Yang jelas faktor internal berupa gizi serta eksternal berupa stimulus sama-sama penting. Keduanya harus ibu lakukan jika ingin otak janin terasah sejak masih ada di dalam rahim.
Lalu, apa yang harus ibu lakukan? Luangkan waktu untuk mempraktekkan beberapa hal tersebut di atas dan jangan lupa untuk selalu mengkonsumsi susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment