Thursday, January 21, 2016

Konsumsi Susu Ibu Hamil setelah Minum Obat? Jangan Dilakukan!


susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil ada banyak ragamnya. Mulai dari merek, komposisi, hingga varian rasa. Kandungan nutrisi pada susu ibu hamil sangatlah diperlukan untuk menunjang kesehatan dan perkembangan janin selama mengandung.

Namun, banyak dari para wanita hamil yang saat mengandung, tidak hanya mengonsumsi susu sebagai tambahan nutrisi. Keadaan seperti sakit ataupun sekedar menjaga kondisi janin tetap sehat mengharuskan anda minum obat dalam dosis tertentu berdasarkan anjuran dokter kandungan.
 
Biasanya, jadwal konsumsi obat dan susu ibu hamil relatif berdekatan. Kebanyakan obat dikonsumsi sebanyak 3 kali dalam sehari, begitupun susu ibu hamil.
 
Karena kebiasaan itulah, wanita hamil seperti anda tidak mau repot. Dan membagi waktu minum obat dan konsumsi susu dalam waktu yang berdekatan setelah makan. Setelah makan, biasanya anda akan mengonsumsi susu, kemudian obat atau kebalikannya.
 
Tetapi, kebiasaan tersebut justru kurang dianjurkan loh moms. Malah, seharusnya hal tersebut dihindari dan dicoret dari daftar kebiasaan anda selama ini.
 
Mengapa demikian? Simak ulasannya berikut!

Hindari konsumsi obat setelah minum susu

Moms, anda pasti pernah dinasehati atau mendengar perkataan dari kerabat atau keluarga anda tentang anjuran untuk tidak minum obat dengan susu. Hal demikian menjadi mitos yang terus berkembang, terutama bagi para ibu hamil. Mempersiapkan janin agar berkembang sebaik mungkin, membuat anda percaya dengan mitos tersebut tanpa mencari tahu lebih.

Eits, tapi ternyata mitos tersebut benar adanya moms. Susu dan obat seperti bilangan positif dan negatif yang saling menghilangkan satu sama lain. Alih – alih untuk mempermudah proses konsumsi obat dengan susu ibu hamil untuk mengurangi rasa pahit yang terkandung pada obat justru memberikan hasil yang nihil.

Pada susu ibu hamil sendiri terkandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh anda moms. Kandungan kalsium, fosfor, magnesium dan beragam vitamin yang dibutuhkan mampu dipasok oleh susu ibu hamil pilihan anda.

Tetapi, jika mengonsumsi obat setelah minum susu atau sebaliknya, nutrisi yang dimiliki oleh keduanya akan berakhir menjadi feses tanpa diserap oleh tubuh. Hal ini sebabkan karena kandungan kalsium pada susu menghambat penyerapan obat yang anda konsumsi.

Lalu, mengapa terjadi hambatan ketika proses penyerapan obat?

Faktanya, saat anda selesai mengonsumsi obat, tubuh melarutkan obat tersebut dengan air dalam tubuh anda. Tujuan dilarutkan adalah untuk disebarkan keseluruh bagian tubuh terutama bagian yang sakit. Proses penyebaran dilakukan pada seluruh aliran darah.

Hal tersebut juga berlaku pada susu ibu hamil yang dikonsumsi. Proses penyerapan nutrisi dilakukan oleh tubuh melalui aliran darah.

Dan baik obat maupun susu, tidak dapat saling bertemu karena kalsium yang terkandung pada susu disebarkan keseluruh tulang melalui aliran darah yang sama seperti pada obat. Jika keduanya saling bertemu, obat yang telah larut akan terganggu penyerapannya karena kandungan kalsium.

Lebih lanjut, anda mengetahui bahwa obat yang merupakan racun atau toxic sedangkan susu memiliki sifat penetralisir racun, Hal ini berdampak pada saling menghilangkannya nutrisi satu dengan yang lain.  Efek yang ditimbulkan obat akan hilang karena telah ternetralisir oleh susu.

Sehingga, dampak yang dirasakan adalah obat tidak akan bekerja maksimal jika disandingkan dengan susu sebagai pelarutnya. Gunakan air putih setelah minum obat untuk membantu proses penyerapannya.

Beri Jeda
 
Meskipun begitu, bukan berarti anda menghentikan minum susu ibu hamil saat mengonsumsi obat dalam jangka waktu tertentu, Tetapi anda harus mengerti bagaimana keduanya dapat dikonsumsi dengan jarak waktu tertentu.

Efek yang ditimbulkan susu pada obat bisa ditekan dengan memberi jeda kurang lebih 2 jam. Baik itu susu ataupun obat yang terlebih dahulu anda konsumsi, jeda minimal 2 jam adalah angka yang aman berdasarkan pihak medis. Dengan waktu tersebut, nutrisi susu akan diserap terlebih dahulu oleh tubuh, baru kemudian obat ataupun sebaliknya.

Oke moms, anda telah memahami bahwa sangatlah tidak baik mengonsumsi susu dan obat secara bersamaan. Bukan berarti anda tidak mengonsumsi susu saat proses penyembuhan lewat obat ataupun sebaliknya. Tetapi, solusi dengan memberi jeda minimal 2 jam sangatlah efektif. Sekarang, moms bisa mengonsumsi obat sekaligus susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment