Monday, January 18, 2016

Selain Minum Susu Ibu Menyusui, Ini yang Sebaiknya Ibu Lakukan di Minggu Pertama Setelah Melahirkan




Susu ibu menyusui diproduksi untuk memastikan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu terpenuhi. Kenapa demikian? Karena nutrisi tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan ibu selama memberikan ASI kepada bayi. Ketika menyusui, ibu akan sering lapar dan membutuhkan nutrisi yang tepat. Tanpa nutrisi tersebut, kesehatan ibu akan terganggu dan ujung-ujungnya bayi ibu yang mendapatkan imbasnya karena ibu tidak bisa memproduksi ASI.

Itulah mengapa penting sekali seorang ibu memenuhi nutrisi ibu menyusui dari susu. Susu ini bisa dikonsumsi setelah melahirkan. Namun, tidak hanya hal itu saja yang harus ibu lakukan. Ibu harus tahu hal lain yang sebaiknya ibu lakukan di minggu pertama setelah proses persalinan.
Menjalin Ikatan Batin dengan Bayi
Mudah sekali untuk menjalin ikatan batin dengan bayi. Ibu hanya perlu memeluk, memeluk, mengusap jarinya kecil mungil, serta menciumnya.
Akan tetapi, hal ini akan terasa sedikit lebih susah jika ibu baru pertama kali memiliki bayi. Ibu akan terlihat sedikit kaku untuk menggendong si kecil.
Jangan khawatir karena ibu hanya perlu belajar dan membiasakan diri. Lakukan terus menerus. Selain untuk melatih agar ibu bisa menggendong bayi, cara tersebut juga akan menguatkan ikatan antara ibu dengan bayi.
Belajar Menyusui
Ibu minum susu ibu menyusui agar kesehatan ibu terjaga dan produksi ASI baik sehingga ibu bisa menyusui si kecil. Namun, belajar menyusui bagi ibu yang baru memiliki bayi pertama kali itu tidak mudah. Layaknya menggendong, ibu akan merasa sedikit kaku dan susah.
Ibu dan bayi sebenarnya sama-sama belajar. Ibu belajar memberikan ASI sementara bayi belajar untuk menyedot ASI dari puting ibu.
Prosos belajar ini tidak mudah dan bahkan ada ibu yang membutuhkan waktu yang cukup lama. Orang Jawa bilang, ibu harus “telaten” memberikan ASI. Awalnya memang susah namun setelah satu atau dua minggu, ibu akan terbiasa.
Memberikan Perawatan Bayi
Apa saja yang berhubungan dengan perawatan bayi? Tentu saja banyak sekali, mulai dari memandikan, memakaikan popok, mengganti popok, merawat kelembapan kulit bayi, dan lain sebagainya.
Hal-hal yang berhubungan dengan cara merawat bayi bisa ibu pelajari dari forum ibu dan anak. Sekarang, ada beberapa forum ibu dan online di mana ibu bisa mempelajari bagaimana cara merawat bayi yang baik dan benar.
Selain itu, ibu juga harus tahu bagaimana memberikan treatment kepada bayi ibu ketika diserang penyakit. Apa yang harus ibu lakukan saat badan bayi ibu panas, saat ada bintik-bintik merah pada kulit bayi, dan semua hal tentang kesehatan bayi harus ibu ketahui.
Setidaknya tiga hal tersebut sebaiknya ibu kuasai. Jika saat ini ibu masih dalam masa kehamilan, tidak ada salahnya bukan ibu mempelajari tentang hal-hal yang harus dilakukan setelah persalinan.
Terutama untuk calon ibu muda yang baru pertama kali hamil, sepertinya pengetahuan perawatan bayi itu harus diketahui. Sementara itu, jika ibu sekarang sudah melewati proses persalinan, selamat bagi ibu. Setelah itu, luangkan waktu untuk memperkaya wawasan tentang menjaga dan merawat bayi.
Berilah bayi dengan susu eksklusif karena tidak ada yang lebih baik selain ASI. Usahakan memberikan ASI eksklusif. Baru pada usia bayi menginjak 6 bulan, ibu bisa tambahkan MPAS atau makanan pendamping ASI. Untuk memastikan ASI bisa ibu produksi dalam jumlah yang cukup, makananlah makanan yang sehat dan minum susu ibu menyusui.

No comments:

Post a Comment