Tuesday, January 19, 2016

Susu Ibu Hamil untuk Persiapan Masa Kehamilan Trimester Kedua


susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan janin dalam kandungan. Namun tahukah ibu nutrisi apa saja yang sangat penting pada usia trimester kedua?

Banyak sekali perubahan yang akan ibu alami ketika masa kehamilan trimester kedua seperti perubahan gairah seks, emosi yang kurang stabil, perubahan fisik, dan lain sebagainya. Sehingga pada kondisi tersebut, ibu sangat membutuhkan nutrisi dari susu ibu hamil.
Ada beberapa nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil pada trimeseter kedua. Apa sajakah itu? Ibu bisa simak penjelasan berikut ini.
Nutrisi Penting untuk Ibu Hamil Pada Trimester Kedua
Nutrisi ibu hamil yang sangat dibutuhkan pada kehamilan trimester kedua adalah kalsium. Alasannya sangat jelas. Pada usia kehamilan ini, ibu merasa sering lelah, bukan? Atau bahkan sering merasa linu pada tulang? Itu artinya ibu kekurangan kalsium.
Ada kemungkinan makanan yang ibu konsumsi tidak terlalu banyak mengandung kalsium. Padahal, janin pada masa kehamilan trimester kedua membutuhkan banyak sekali kalsium. Oleh karena itu, ketika jumlah kalsium kurang, janin akan mengambil kalsium dari tulang ibu. Akhirnya, ibu akan mudah merasa lelah dan linu pada bagian tulang.
Untuk mengatasi hal tersebut, ibu harus pastikan mengkonsumsi susu ibu hamil terbaik. Kenapa demikian? Karena susu untuk ibu hamil terbaiklah yang mengandung jumlah kalsium yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kalsium terpenuhi, janin tidak akan mengambil kalsium dari tulang ibu. Bagi janin, kalsium diperlukan untuk tumbuh kembang organ tertentu seperti tulang. Sementara itu, bagi ibu hamil, kalsium akan mencegah oesteoporosis akibat kekurangan kadar kalsium saat hamil.
Kandungan dalam susu ibu hamil yang tak kalah pentingnya adalah asam folat. Tahukah ibu apa fungsi dari asam folat? Jika ibu sering membaca artikel kesehatan ibu hamil di forum kesehatan ibu hamil atau forum konsultasi kehamilan, ibu pasti tahu bahwa asam folat itu sangat penting untuk perkembangan sel darah serta sistem saraf.
Akan tetapi, tahukah ibu berapa jumlah asam folat yang ibu harus penuhi ketika masa kehamilan masuk pada trimester kedua? Menurut ahli gizi, ibu hamil pada trimeseter kedua harus mendapatkan asam folat sebanyak 800 mcg. Kadar tersebut ditentukan sesuai dengan kebutuhan janin.
Ibu bisa saja mendapatkan kandungan asam folat ini dari berbagai macam sayuran seperti brokoli, bayam, dan kol. Ada juga beberapa buah yang juga mengandung asam folat yang cukup tinggi seperti pisang, jeruk, dan tomat.
Namun, jangan lupa ibu harus tetap mengkonsumsi susuibu hamil terbaik. Hanya susu kehamilan yang terbaiklah yang memiliki kandungan asam folat sesuai dengan kebutuhan ibu hamil.
Ciri-Ciri Kehamilan pada Trimester Kedua
Masa yang sangat menyenangkan adalah ketika kehamilan pada trimester kedua. Kenapa? Karena pada masa ini, ibu sudah merasakan perut ini semakin besar dan berat.
Namun, bukan itu saja. pada masa kehamilan ini, janin dalam kandungan sudah bisa bergerak. Menurut ahli medis, janin juga sudah bisa diajak untuk berkomunikasi. Biasanya, jika ibu mengajaknya berbicara, ia akan merespon dengan gerakan seperti tendakan dan tinjuan.
Di sisi lain, kebanyakan ibu hamil pada masa trimester kedua juga merasakan kekhawatiran karena sudah cukup dekatn dengan proses melahirkan. Rasa cemas dan emosi yang tidak stabil sering muncul pada masa kehamilan pada trimester kedua.
Untuk itu, penting bagi ibu untuk mencukupi segala nutrisi ibu hamil yang dibutuhkan terutama kalsium dan asam folat. Nutrisi lengkap bisa ibu dapatkan dari berbagai makanan dan juga susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment