Tuesday, January 5, 2016

Aneh tapi Nyata, Nutrisi Ibu Hamil Mempengaruhi Warna Kulit Bayi


 
nutrisi ibu hamil
Friso Indonesia

 

Nutrisi ibu hamil itu bisa didapatkan dari susu dan juga makanan. Banyak nutrisi yang terkandung di dalam susu dan makanan. Ibu pasti tahu tentang manfaat vitamin, kalsium, protein, dan lain sebagainya yang terkadung di dalamnya. Ibu juga pasti tahu nutrisi tersebut dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan selama mengandung dan juga dibutuhkan oleh janin di dalam kandungan untuk berkembang.

Akan tetapi, mungkin ibu tidak tahu ternyata ada nutrisi yang terkandung di dalam makanan tertentu yang bisa menentukan warna kulit si kecil nanti. Memang terdengar tidak mungkin tapi baca dulu penjelasan ilmiah berikut ini.

Warna Kulit Tidak Hanya Faktor Genesis
Apa yang mempengeruhi bentuk fisik anak? Faktor genetik dari orang tuanya. Itu jawaban yang betul sekali. Salah dari ciri fisik adalah warna kulit. Hal ini diamini oleh semua orang. Para ahli kesehatan juga mengatakan demikian.
Akan tetapi, harus dipahami bahwa genenik bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan warna kulit. Warna kulit bayi yang ibu lahirnya juga dipengaruhi oleh makanan dan juga susu ibu hamil yang ibu konsumsi selama masa kehamilan. Ini bukan mengada-ada tapi memang fakta.
Ibu bisa perhatikan kenapa anak yang sudah dewasa berubah menjadi gelap padahal ketika kecil kulitnya putih bersih. Mungkin saja anak tersebut sering bermain di luar rumah di bawah terik matahari. Atau mungkin saja anak tersebut mandi dengan menggunakan air yang kurang bersih atau sabun yang digunakan tidak cocok untuk jenis kulitnya.
Jadi, ternyata bukan faktor genenik saja yang menentukan warna kulit anak, bukan? Dan hal ini pun terjadi pada bayi. Sewaktu masih di dalam kandungan, nutrisi untuk ibu hamil yang didapatkan dari makanan dan susu kehamilan bisa menentukan kulit bayi.
Apakah ibu ingin memiliki bayi dengan warna kulit putih? Simak makanan apa saja yang disarankan untuk ibu konsumsi.
Makanan yang Bisa Membuat Kulit Bayi Putih
Jadi, ibu sudah tahu bahwa tidak hanya faktor genenik saja yang menentukan warna kulit bayi yang akan ibu lahirkan nanti. Jika ibu dan suami ibu memiliki kulit gelap, bukan berarti bayi ibu nanti memiliki kulit putih.
Mulai sekarang, konsumsilah sayuran hijau. Pasalnya, sayuran hijau akan membuat sistem pencernaan lancar sehingga air ketuban tidak keruh yang sering membuat kulit bayi gelap. Mulailah membuat sup bayam atau sayur kangkung setiap hari. Selain mengandung kalsium yang tinggi, sayuran hijau juga bisa membuat bayi ibu memiliki kulit putih, bukan?
Selain itu, ibu juga bisa minum air kelapa. Air kelapa ini mengandung antioksidan yang mampu membuang racun di dalam tubuh ibu. Selain itu, air kelapa juga bisa menjernihkan air ketuban sehingga ibu bayi ibu tidak hanya akan sehat namun juga memiliki kulit yang putih bersih nantinya.
Sementara itu, ibu harus menghindari mengkonsumsi lemak daging. Lemak daging bukanlah nutrisi untuk ibu hamil. Selain itu, lemak daging bisa membuat pengendapan pada bagian tubuh bayi yang mengakibatkan kulit berwarna sedikit agak gelap. Itulah mengapa ada bayi yang lahir dengan tanda hitam di bagian tertentu. Ada kemungkinan hal tersebut dikarenakan endapan lemak di bagian tersebut.
Jadi, ibu harus tahu bahwa makanan yang sehat itu tidak hanya baik bagi kesehatan ibu dan juga janin. Makanan yang sehat seperti sayuran hijau juga bisa membuat anak ibu memiliki kulit putih bersih selain juga mengandung nutrisi ibu hamil.

No comments:

Post a Comment