Thursday, January 7, 2016

Ini dia Alasannya Kenapa Susu Ibu Hamil Sebaiknya Dikonsumsi 3 Kali Sehari


susu ibu hamil
Susu Ibu Hamil

Susu ibu hamil mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu untuk menjaga kesehatannya dan juga janin untuk pertumbuhan. Namun, tahukah ibu kenapa dokter selalu menyarankan agar minum susu tiga kali sehari?


Tentu saja bukan tanpa alasan dokter kehamilan menyarankan hal tersebut. Agar lebih jelas, luangkan waktu untuk membaca ulasan berikut ini.

Tiga Alasan Susu Ibu Hamil Dikonsumsi 3 Kali Sehari

Apakah ibu benar-benar yakin susu yang ibu konsumsi untuk yang terbaik untuk janin yang ada di dalam kandungan? Jika ya, silakan cek labelnya. Susu kehamilan terbaik itu pasti mengandung tiga nutrisi berikut ini, yaitu kalsium, protein dan vitamin D. 

Dari berbagai merk susu ibu kehamilan, tiga kandungan tersebut pasti ada. Hanya saja, banyak yang tidak mengerti kenapa harus tiga kali mengkonsumsi susu ibu hamil.

Tahukah ibu kenapa kalsium itu penting? Ibu hamil perlu sekali mengkonsumsi susu yang tinggi kalsium. Pasalnya, kalsium diperlukan oleh janin untuk membentuk organnya. Jika kekuarangan, maka janin akan mengambil kalsium dari gigi dan tulang ibu. Jika itu terjadi, ibu akan merasakan sakit gigi dan tulang sering linu atau sering merasa pegal. 

Pada intinya, kalsium itu diperlukan oleh ibu dan juga janin di dalam kandungan. Itulah mengapa banyak ibu hamil yang akhirnya diberi tambahan kalsium oleh dokter karena memang ia kekurangan kalsium. Jika ibu rajin mengkonsumsi susu ibu hamil tiga kali sehari, resiko kekurangan nutrisi berupa kalsium akan sangat rendah.

Selanjutnya adalah protein. Berat badan bayi sering dikaitkan dengan protein yang terkandung di dalam makanan dan minuman yang ibu konsumsi setiap hari. Beberapa kasus janin mengalami masalah berat badan di bawah normal dikarenakan asupan protein yang kurang.

Apakah ibu tahu apa resiko terburuk yang terjadi? Betul sekali, keguguran. Berat badan janin yang jauh di bawah normal mengindikasikan pertumbuhan yang tidak optimal. Hal ini mungkin dikarenakan adanya organ tubuh janin yang tidak berkembang secara maksimal. Akhirnya, janin akan meninggal di dalam kandungan.

Tentu saja ibu tidak ingin hal tersebut terjadi. Untuk itu, makanlah makanan yang mengandung protein tinggi seperti kacang-kacangan. Dan yang terpenting, jangan lupa mengkonsumsi susu ibu hamil di pagi, siang, dan malam hari sesuai dengan takaran yang sudah ditentukan.

Tidak banyak yang tahu ternyata vitamin D memegang peran yang sangat penting untuk berat badan janin. Kebanyakan masayarakat mengetahui protein lah yang berperan besar dalam menetukan normal atau tidaknya berat badan janin dalam kandungan.

Ternyata, vitamin D juga berperan penting. Selain itu, vitamin D juga bisa mencegah rakhitis neonatal, yaitu pelunakan pada tulang yang membuat tulang tidak berkembang normal, rapuh, mudah patah.

Cara Penyajian yang Salah Bisa Menghancurkan Nutrisi dalam Susu Kehamilan

Ibu tidak cukup hanya tahu pentingnya mengkonsumsi susu ibu hamil tiga kali sehari. Tapi juga harus tahu cara penyajian yang tepat. Intinya hanya satu. Mengkonsumsi susu kehamilan tiga kali sehari dibutuhkan agar kandungan nutrisi cukup untuk perkembangan janin. Namun, kesalahan penyajian juga bisa menghancurkan nutrisi sehingga jumlah nutrisi dalam susu pun berkurang.

Cara penyajiannya harus di awali dengan menuangkan air hangat terlebih dahulu ke dalam gelas baru kemudian menuangkan susu bubuk. Penyajian yang berkebalikan akan membuat kandungan nutrisi hancur, terutama protein dalam susu ibu hamil. 


No comments:

Post a Comment