Thursday, January 28, 2016

Sumber Nutrisi Penting Selain dari Susu Ibu Hamil



susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu ibu hamil mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan. Nutrisi tersebut akan memastikan tubuh ibu sehat sampai masa persalinan tiba dan perkembangan janin juga normal sampai nanti dilahirkan ke dunia.

Hanya saja bukan berarti ibu hanya perlu mengkonsumsi susu untuk ibu hamil saja. Berikut ini beberapa makanan sebagai pendamping susu ibu hamil. Apa sajakah makanan yang dimaksud tersebut?
Daging
Sayang sekali jika ibu tidak terlalu suka dengan daging. Pasalnya, daging terutama daging sapi mengandung protein yang sangat tinggi sekali. Protein ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil agar perkembangan janin dalam kandungan lebih optimal. Protein yang cukup akan membuat berat badan bayi dalam kandungan normal sehingga resiko bayi tidak berkembang atau keguguran bisa dicegah.
Namun, hati-hati memilih daging. Banyak sekali menu makanan yang terbuat dari daging namun daging tersebut tidak dimasak benar-benar matang. Jika daging tidak dimasak matang, ada kemungkinan masih ada bakteri dan juga lemak yang bisa mengganggu kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.
Susu ibu hamil umumnya dibuat melalui sebuah proses di mana bakteri dan kadar lemaknya dihilangkan sehingga hanya ada nutrisi penting saja seperti protein yang terkandung di dalam susu. Begitu juga ketika ibu memilih makanan yang mengandung protein. Pastikan hanya protein saja yang ada di dalam daging, bukan bakteri dan juga lemak dengan cara memasak daging benar-benar matang.
Ikan
Ibu tidak suka makanan yang terbuat dari daging sapi? Ada pilihan lain, yaitu ikan atau seafood. Ikan ini mengandung protein dan juga omega 3. Nutrisi yang satu ini dibutuhkan untuk perkembangan otak dan saraf. Makanan pendamping susu ibu hamil ini cocok sekali untuk dipilih jika masa kehamilan ibu sudah masuk pada trimester kedua. Pasalnya, pada masa ini, janin dalam kandungan sudah bisa bergerak dan ia membutuhkan nutrisi yang banyak untuk perkembangan otak.
Namun, selain mengkonsumsi ikan, ibu juga harus menstimulus otak janin juga. Salah satu caranya adalah dengan sering mengajak berkomunikasi. Ternyata, cara ini akan membuat membuat bayi dalam kandungan merespon. Itu tandanya kecerdasan otaknya sudah berkembang.
Ada juga yang menyarankan agar selain mengkonsumsi susu ibu hamil serta ikan yang mengandung omega 3 untuk perkembangan otak bayi, ibu juga memberikan stimulus dengan cara melakukan kegiatan berupa mengerjakan soal matematika dasar. Ternyata, dengan mengerjakan soal matematika, perkembangan otak bayi dalam kandungan semakin terasah.
Sayuran Hijau
Di Indonesia, banyak sekali jenis sayuran hijau. Tidak sulit menemukan sayuran hijau yang masih segar. Lalu, manfaat apa yang ibu dapatkan dari sayuran hijau?
Tahukah ibu bahwa pada masa kehamilan ibu memerlukan nutrisi berupa serat yang tinggi? Salah satu keluhan yang sering dialami oleh wanita hamil adalah susah buang air besar. Itu tandanya wanita hamil tersebut kekurangan serat. Lalu, dari mana ibu mendapatkan serat?
Serat ini bisa didapatkan dari sayuran pendamping susu ibu hamil, seperti bayam dan kangkung. Sayuran ini harnganya memang murah. Namun, siapa sangka sayuran ini bisa meredakan masalah susah buang air besar pada saat hamil.
Oleh karena itu, mulai sekarang, penuhi kebutuhan nutrisi ibu dengan mengkonsumsi daging, ikan, dan sayuran. Itu adalah makanan pendamping susu kehamilan yang bisa ibu pilih. Janin dalam kandungan akan sehat sampai nanti tiba waktunya masa persalinan jika ibu memenuhi semua nutrisi ibu hamil dari makanan sehat dan juga susu ibu hamil.

No comments:

Post a Comment