Tuesday, January 26, 2016

Nutrisi Ibu Hamil agar Bayi Anda Cerdas


Nutrisi ibu hamil itu ada banyak dan ragamnya. Namun satu hal yang pasti, nutrisi yang diberikan pada ibu hamil pasti bertujuan untuk menjaga kesehatan diri saat mengandung, dan juga menjaga perkembangan janin untuk tetap dapat aktif dan sehat selama masa kandungan. Apalagi jika anda para moms sedang hamil muda, fisik yang tidak sehat bisa membuat bayi dalam kandungan lemah dan terjadi keguguran dini.

Lebih lanjut, semua nutrisi yang diberikan pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai oleh ibu hamil. Proses penyerapan nutrisi dari asupan yang dimakan oleh ibu selanjutnya akan dialirkan ke buah hati anda melalui saluran bernama plasenta. Sehingga, segala macam asupan yang dikonsumsi oleh ibu, nutrisinya juga akan diserap untuk perkembangan janin anda.

Nutrisi ibu hamil yang baik menurut Diane Ashton, wakil kepala direktur medis dari March of Dimes, sebuah lembaga yang befokus pada kesehatan ibu dan balita, jika dikonsumsi oleh para moms akan memberikan dampak yang baik pula pada kandungan. Tak ayal, banyak dari nutrisi tersebut memang berfokus pada kepentingan janin anda.

Dalam hal ini, ada beberapa nutrisi penting yang dikonsumsi oleh buah hati anda, agar ia lahir sebagai bayi yang tidak hanya sehat tetapi juga cerdas. Nutrisi tersebut terkandung pada beragam asupan salah satunya adalah susu ibu hamil.

Lalu, apa saja nutrisi yang bisa membuat buah hati anda cerdas? Simak ulasannya berikut ini!

1.     Asam Folat

Ya, nutrisi pertama adalah asam folat. Apa yang anda ketahui tentang jenis nutrisi ini? Jadi, asam folat adalah nama lain dari vitamin B6. Kehadiran jenis nutrisi ini membuat otak anak menjadi lebih cerdas. Hal ini karena asam folat merangsang pembentukan sel otak. Berdasarkan studi dari Journal of American Medial Association didapati bahwa kemungkinan bayi autis yang lahir adalah 40% lebih rendah pada ibu yang rajin mengonsumsi asam folat sebelum kehamilan maupun sesudah kehamilan.

Demikian pentingnya asam folat, ibu harus mulai memilih jenis asupan yang memang memiliki nutrisi tersebut. Saat ini, sayur – mayur yang memiliki daun berwarna hijau cenderung memiliki tingkat vitamin B6 atau asam folat yang tinggi. Selain itu buah – buahan seperti alpukat, jeruk, dan stroberi juga sumber makanan yang mengandung asam folat yang tinggi.

2.     Omega 3

Selain asam folat terdapat jenis nutrisi ibu hamil lain yang memang diperlukan untuk ibu mengandung yang meinginkan buah hati yang dikandungnya menjadi bayi yang sehat dan anak yang cerdas. Nutrisi tersebut adalah Omega 3. Ya, asam lemak dari Omega-3 adalah nutrisi yang sangat krusial dan penting. Nutrisi ini berperan dan berkontribusi dalam pembentukan sel – sel otak serta mengaktifkan neuron yang merupakan pusat informasi dan kecerdasan. Neuron sendiri bertugas mengirimkan rangsangan yang diterima oleh panca indra ke otak dan mengolahnya menjadi pesan untuk dikirim ke organ tubuh lain.

Ada banyak jenis makanan yang bisa dijadikan sumber dari asam lemak Omega – 3. Adapun diantaranya adalah beragam jenis ikan terutama ikan salmon, telur ayam kampung, telur yang mengandung omega 3, berbagai jenis kacang – kacangan, dan sayur bayam.

3.     Zat Besi

Nutrisi terakhir yang penting untuk ibu hamil adalah Zat Besi. Ya, zat besi merupakan jenis nutrisi ibu hamil yang berguna dalam penyerapan oksigen pada janin dari ibu hamil. Jumlah oksigen yang berhasil diterima oleh janin berguna dalam mendukung kecerdasan dan perkembangan otak bayi anda. Selain itu, zat besi pada bayi juga berguna dalam pembentukan sel darah merah baru pada bayi anda untuk mencegah terjadinya anemia.

Baik moms, sekarang anda sudah tahu, dari sekian banyak nutrisi yang diperlukan oleh wanita yang sedang mengandung, ada juga nutrisi yang berguna untuk mencerdaskan otak anak anda tatkala ia lahir nanti. Masukan asupan makanan yang mengandung Asam Folat atau Vitamin B6, Asam Lemak Omega – 3, serta Zat Besi sebagai nutrisi ibu hamil.

No comments:

Post a Comment