Monday, January 4, 2016

Kenapa Sudah Rajin Minum Susu Ibu Menyusui Tapi ASI Tetap Tidak Lancar?

susu ibu menyusui
Friso Indonesia

Susu ibu menyusui sering dianggap sebagai minuman yang bisa memperlancar ASI (air susu ibu). Kenyataannya, pernyataan ini tidak sepenuhnya benar. Menurut ahil gizi, tidak ada kaitan secara langsung antara mengkonsumsi susu dengan lancarnya ASI. Susu hanya akan membuat tubuh ibu sehat sehingga secara tidak langsung tubuh ibu akan memproduksi apapun yang diperlukan untuk kesehatan tubuh dan juga ASI.



Jadi, ada keterkaitan namun tidak secara langsung. Maka dari itu, jangan salahnya susu jika ASI ibu tidak lancar karena ada faktor lain yang menyebabkan ASI ibu tidak bisa keluar dengan lancar. Salah satunya adalah stress. Para wanita karir yang memberikan ASI eksklusif  biasanya memiliki masalah ASI tidak lancar. Hal ini dikarenakan adanya beban kerja yang berat sehingga mereka stress. Kondisi ini tidak hanya mempengaruhi psikologi ibu, tapi juga produksi ASI.


Faktor lain adalah dari sang buah hati itu sendiri. Jika ibu bukan wanita karir namun ASI tidak keluar secara lancar, maka mungkin saja sang buah hati ibu tidak mampu memberikan stimulan agar ASI itu keluar. Walaupun ibu mampu memproduksi ASI dalam jumlah yang banyak, hal tersebut sia-sia saja jika sang buah hati tidak mau menyedot ASI tersebut. Sering kali hal ini dikarenakan ibu sering memberikan susu formula menggunakan botol sehingga ia tidak mau berusaha untuk menyedot ASI langsung dari puting ibu. Yang jelas, jangan langsung menyalahkan susu ibu menyusui.

No comments:

Post a Comment