Friday, January 8, 2016

Jenis Ikan yang Mengandung Nutrisi Ibu Menyusui Namun Tidak Disarankan untuk Dikonsumsi

nutrisi ibu menyusui
Friso Indonesia

Nutrisi ibu menyusui bisa didapatkan dari ikan, entah ikan air tawar maupun ikan laut. Dan yang paling tinggi nutrisinya untuk ibu yang sedang menyusui adalah ikan laut.

Namun, ibu harus tahu tidak semua ikan itu diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Inilah yang dikatakan oleh para ahli gizi. Mereka mengatakan demikian dengan berbagai alasan.

 

Alasan Kenapa Ikan Tertentu tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Menyusui
Sudah banyak orang yang tahu kandungan AA, DHA, serta Omega 3 pada beberapa jenis ikan. Namun, harus diketahui pula kebanyakan ikan mengandung merkuri. Apa itu merkuri?
Menurut ilmu biologi, merkuri merupakan unsur alami yang bisa ditemukan di air dan udara. Karena merkuri bisa ditemukan di air, maka sangat dimungkinan air laut yang merupakan habitat ikan mengandung merkuri.
Merkuri ini terbagi menjadi tiga macam, yaitu merkuri organi, anorganik, dan logam. Salah satu bentuk dari merkuri organik adalah metilmelkuri. Ini merupakan jenis merkuri yang paling berbahaya.
Sayangnya, metimerkuri inilah yang terdapat ikan. Metilmerkuri ini ada pada tubuh ikan, terutama ikan laut melalui saluran perncernaan ikan. Jika ikan yang mengandung merkuri ini dikonsumsi, maka kesehatan seseorang tersebut akan terganggu. Ibu juga bisa bayangkan bagaimana kesehatan ibu terganggu dan bagaimana hal tersebut berpengaruh pada kualitas ASI yang ibu berikan kepada si kecil.
Itulah mengapa sangat dianjurkan untuk benar-benar memilih ikan yang baik. Ikan memang mengandung nutrisi untuk ibu menyusui, tapi juga bisa mengandung merkuri yang jelas berbahaya bagi kesehatan ibu dan juga bayi.
Para ahli gizi tidak ingin membuat membuat ibu menyusui terlalu khawatir. Mereka mengatakan mengkonsumsi ikan yang mengandung merkuri itu tidak apa-apa asal kadar merkurinya rendah. Sementara itu, ada ikan-ikan yang kandungan merkurinya tinggi.
Ikan yang Paling Berbahaya untuk Dikonsumsi Ibu Menyusu
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ikan yang rendah merkuri boleh saja dikonsumsi ibu menyusui. Namun, ikan hiu, pari, kakap putih, dan tuna sirip biru selatan sebaiknya dihindari. Memang ikan tersebut mengandung nutrisi ibu menyusui. Hanya saja, kandungan merkurinya sangat tinggi.
Jika ibu ingin sekali mengkonsumsi ikan, ada beberapa ikan yang aman untuk dikonsumsi meskipun juga mengandung merkuri tapi kadarnya rendah. Untuk itu, ibu harus mencatat ikan-ikan yang baik untuk ibu konsumsi.
Ikan yang Baik untuk Ibu Menyusui
Setelah ibu tahu ikan apa saja yang harus ibu hindari, kini ibu akan tahu ikan apa saja yang boleh untuk dikonsumsi. Beberapa ikan yang aman dikonsumsi ibu menyusui adalah ikan lele, ikan tuna, dan ikan salmon.
Namun, satu hal yang harus dipahami. Semua ikan mengandung merkuri. Hanya saja, ikan lele, ikan tuna, dan ikan salmon mengandung merkuri kadar rendah. Untuk menghilangkan merkuri pada tubuh ikan, ibu harus memasak ikan tersebut benar-benar matang. Ibu jangan coba-coba mengkonsumsi ikan yang dimasak setengah matang atau bahkan mentah seperti sushi. Selain kandungan merkuri yang belum hilang, ikan yang tidak dimasak secara matang masih mengandung bakteri.
Jadi, mulai sekarang ibu harus cerdas memilih ikan yang kaya akan nutrisi untuk ibu menyusui. Selain itu, pilihkan ikan yang kandungan merkurinya rendah. Dan satu lagi, cara memasaknya harus diperhatikan. Pastikan ikan dimasak benar-benar matang agar merkuri dan bakteri hilang. Jika semua itu ibu lakukan, maka ibu akan bisa mendapatkan manfaat dari ikan sebagai makanan yang mengandung nutrisi ibu menyusui.

No comments:

Post a Comment