Monday, January 25, 2016

Minum Susu Ibu Menyusui atau Makan Sayur Daun Katuk


susu ibu menyusui
Friso Indonesia
Susu ibu menyusui mengandung nutrisi yang ibu butuhkan selama memberikan ASI kepada sang buah hati. Apakah khasiat di dalam susu juga bisa didapatkan dari sayur daun katuk?
Pertanyaan tersebut sering ditanyakan oleh masyarakat. Mereka membandingkan antara susu yang diproduksi pabrik dengan sayur daun katuk yang merupakan resep tradisional dari generasi ke generasi. Mereka ingin tahu mana yang bisa lebih memperlancar ASI, apakah susu ibu menyusui atau sayur daun katuk.
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang perlu diklarifikasi.
Klarifikasi Mengenai Susu Ibu Menyusui
Ada kesalahan kecil yang fatal. Hal ini dikarenakan kesalahan kecil tersebut terlanjur diamini atau dianggap benar oleh sebagian besar masyarakat. Masih banyak orang yang menganggap susu ibu menyusui itu sangat mempengaruhi produksi ASI. Padahal, tidak ada hubungan antara mengkonsumsi susu untuk ibu hamil dengan produksi ASI.
Itu merupakan satu catatan yang harus masyarakat pahami. Jika ibu masih menganggap susu bisa meningkatkan produksi ASI, anggap tersebut salah.  Sebenarnya, keterangan yang singkat ini sudah bisa menjawab mana yang lebih manjur antara susu ibu menyusui dan sayur daun katuk untuk mengingkatkan produksi ASI.
Menurut para ahli ahli, ibu yang sudah melahirkan sebenarnya sudah memiliki nutrisi ibu menyusui tersendiri yang sudah disediakan oleh Tuhan Yang Maha Esa untuk memproduksi ASI. Untuk itu, jika ada yang bilang ada produk yang bisa memperlancar ASI, itu tidak benar.
Lalu, apa gunanya susu ibu menyusui? Tidak lain adalah untuk menjaga kesehatan ibu selama memberikan ASI. Ibu menyusui membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Jika nutrisi tidak terpenuhi, kondisi kesehatan akan drop dan kemungkinan juga ibu tidak bisa memberikan ASI.
Bagaimana dengan sayur daun katuk? Dalam hal ini, ada beberapa penelitian yang menunjukkan hubungan antara mengkonsumsi sayur daun katuk dengan produksi ASI.
Daun Katuk Bisa Meningkatkan Produksi ASI
Ada beberapa penelitian yang dilakukan untuk mengungkap secara ilmiah khasiat sayur daun katuk yang katanya bisa memperlancar ASI. Salah satunya adalah penelitian yang diterbitkan oleh International Conference on Food Engineering & Biotechnology. Dari penelitian tersebut, didapatkan sebuah kesimpulan bahwa daun katuk yang diberikan pada tikus ternyata meningkatkan kadar hormone prolaktin dan oksitosin. Hormone itulah yang membuat tikus tersebut bisa memproduksi susu lebih banyak.
Dari penelitian tersebut, ternyata sayur daun katuk memang bisa meningkatkan produksi ASI. Hanya saja bukan daun katuk yang membuat produksi ASI bertambah, namun daun katuk hanya mempengaruhi produksi hormone yang akan membuat ASI bisa diproduksi lebih banyak.
Nah, kini semakin jelas apa bedanya antara susu ibu menyusui dengan sayur daun katuk, bukan? Semoga sudah tidak ada kesalah-pahaman.
Namun, terlepas dari khasiat antara susu dan sayur daun katuk, kesehatan ibu tetaplah yang paling utama. Karena pada dasarnya tubuh yang sehatlah yang membuat ASI bisa lancar diproduksi dan jumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sang buah hati.
Untuk menjaga kesehatan, ibu harus menjaga pola makan yang baik. Makanlah makanan yang sehat dan minum susu ibu menyusui terbaik agar semua nutrisi yang ibu butuhkan bisa tercukupi. Jika nutrisi tercukupi, ibu tidak perlu lagi khawatir sang buah hati kekurangan ASI.
Memberikan ASI eksklusif tentu sesuatu hal yang istimewa. Pasalnya, ASI merupakan sumber nutrisi terbaik anak. Jika ibu berkomitmen untuk memberikan ASI untuk sang buah hati, sudah tahu kan apa saja yang harus ibu lakukan selain mengkonsumsi susu ibu menyusui?

No comments:

Post a Comment