Monday, January 18, 2016

Nutrisi Penting pada Susu Ibu Hamil Berdasarkan Usia Kehamilan


susu ibu hamil
Friso Indonesia

Susu Ibu Hamil adalah jenis susu yang diproduksi khusus untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Lalu, sebagai ibu yang sedang mengandung janin, pernahkah terlintas dalam pikiran anda, para moms, tentang mengonsumsi susu khusus ibu hamil? Jika ya, selamat. Karena, saat hamil, anda memerlukan lebih banyak asupan yang dikonsumsi karena apa yang anda masukkan dalam pencernaan dan diproses, akan dikonsumsi oleh bayi dalam kandungan melalui saluran plasenta.



Dan sebagai wanita yang sedang mengandung, anda pun telah mengetahui bahwa kebutuhan nutrisi anda memang lebih banyak dan bervariasi daripada seorang wanita dewasa normal (tidak mengandung). Nutrisi yang biasanya diperlukan adalah biasanya protein yang merupakan sumber energi ibu hamil saat akan beraktivitas dan nutrisi lain seperti misalnya DHA yang mendukung sistem saraf para ibu hamil. Serta jenis nutrisi lain yang memang diperlukan.

Tetapi, pertanyaan yang sering timbul, dari bervariasinya jenis nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Apakah dengan hanya melakukan pemberian susu ibu hamil sudah cukup terpenuhi seluruh nutrisi yang diperlukan ibu? Jawabannya tidak, karena perlu diketahui bahwa pemberian susu ibu hamil dilakukan hanya sebagai pelengkap makanan ibu yang sedang mengandung. Sehingga, makanan hamil yang dipilih menjadi fokus utama daripada susu tersebut.

Lalu, misalnya anda memang sudah menetapkan pilihan terhadap sebuah merek susu ibu hamil yang mendukung pola makan harian anda. Tetapi pertanyaan yang sering timbul adalah apakah setiap ibu hamil dengan usia kehamilan berbeda memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda pula? Jawabannya ya.

Kebutuhan nutrisi yang diberikan pada ibu hamil hendaknya disesuaikan dengan usia kandungan dari janin tersebut. Pasalnya, seiring dengan berkembangnya ukuran janin, penyesuaian ibu terhadap janin tersebut juga berbeda. Penting bagi ibu saat memilih jenis susu diperhatikan pula usia kehamilan dan kandungan dari susu yang dipilih. Salah – salah susu yang anda konsumsi justri tidak memberi dampak signifikan terhadap kehamilan anda.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah ulasannya.
Kehamilan Trisemester Pertama

Kehamilan dengan rentang usia 1 – 3 bulan merupakan fase pertama yang dihadapi oleh seorang ibu hamil. Yang terpenting pada tahapan ini adalah penyesuaian dari ibu hamil terhadap kehamilannya. Penyesuaian yang dimaksud adalah kondisi dari sebelumnya tidak hamil lalu secara tiba – tiba mengalami perubahan dan juga janin pada bagian awal sedang terbentuk. Perubahan yang biasanya terjadi adalah morning sickness berupa mual – mual maupun muntah. Untuk itu, pilih jenis susu ibu hamil yang mengandung vitamin B6 yang berguna untuk mengatasi ‘penyakit pagi’ tersebut.

Selain itu, pada fase pembentukan bayi, hal yang pertama terjadi terbentuknya otak dan sistem saraf. Dan oleh karenanya, perhatikan kandungan asam folat dan DHA yang menjadi sumber utama dari pembentukan saraf dan otak secara maksimal. Asam Folat juga berguna untuk menjaga kekebalan tubuh ibu hamil dan mengurangi resiko janin mengalami kecacatan pada bagian otak. Sedangkan DHA (Decosahexaenoic Acid) berguna sebagai nutrisi pendukung untuk sistem saraf ibu hamil.

Jadi moms perhatikan ketiga jenis nutrisi tersebut saat kandungan menginjak usia 3 bulan pertama sejak awal kehamilan.

Kehamilan Trisemester Kedua hingga Ketiga

Pada fase ini, konsumsi susu yang kaya dengan zat besi. Zat Besi berguna untuk mengatur fungsi sel darah putih. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia pada ibu hamil dan dalam kondisi parah dapat menyebabkan bayi lahir secara prematur serta memiliki bobot dibawah dari ukuran normal.

Usia kandungan 4 bulan hingga menjelang proses persalinan memerlukan nutrisi yang membantu perkembangan fisik dari janin yang dikandung. Maka nutrisi seperti Kalsium sangat diperlukan. Dengan kehadiran kalsium dalam susu ibu hamil dapat mencegah osteoporosis  bagi ibu hamil yang mengonsumsinya. Kekuatan tulang pada ibu hamil harus diperhatikan karena saat mengandung, para wanita harus menopang berat badan bayi atau janin dalam kandungan tersebut. Sehingga, kalsium dapat menutrisi tulang ibu yang harus dijaga.

Selain itu, kalsium juga mampu memberi dampak positif bagi si janin dalam kandungan, karena dapat menutrisi bayi saat proses pembentukan tulang dan gigi berlangsung.

Perhatikan nutrisi lain seperti FOS yang merupakan singkatan dari fruktooligosakarida yang dapat mencegah sembelit pada ibu hamil karena FOS sendiri merangsang perkembangan bifidobacteria. Disaat yang sama FOS juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Namun disamping itu, pastikan ibu mendapatkan waktu tidur yang cukup serta menjauhkan diri dari stress agar perkembangan janin yang para moms kandung dapat berkembang dengan baik. Tingkatkan kebiasaan hidup ke arah yang lebih positif dengan rajin berolahraga ringan, mendapatkan asupan makanan yang bergizi dan bernutrisi dan yang terakhir, konsumsi susu ibu hamil.






No comments:

Post a Comment