Thursday, January 7, 2016

Nutrisi Ibu Hamil Sudah Lengkap Di Dalam Sayur Kangkung


nutrisi ibu hamil
Nutrisi Ibu Hamil

 

Nutrisi ibu hamil bisa didapatkan dari makanan sederhana. Jadi, jangan anggap remeh makanan sederhana yang bahkan dianggap sebagai makanan ndeso atau makanan kampung. 

Contohnya saja sayur kangkung. Salah satu sayuran hijau yang paling mudah ditemukan di Indonesia selain bayam adalah kangkung. Siapa yang sangka sayur yang harganya sangat murah dan dapat dibeli di pasar tradisional ini mengandung nutrisi ibu hamil yang sudah lengkap. Berikut ulasan selengkapnya.

Kandungan dan Manfaat Sayur Kangkung

Bagi orang-orang desa, mungkin mereka bisa menanam sendiri kangkung di ladang sebelah rumah. Dan jika ibu memiliki space walaupun tidak terlalu luas, sebaiknya ibu pertimbangkan untuk menanam sayuran kangkung ini. 

Salah satu kandungan dalam sayur kangkung ini adalah zinc. Jika ibu merasa kegiatan sehari-hari terganggu karena insomnia selama masa kehamilan, maka tidak salah jika ibu mengkonsumsi kangkung. Kandungan berupa zinc akan mengatasi masalah insomnia.

Selain zinc, sayuran kangkung juga mengandung serat yang cukup tinggi. Serat merupakan nutrisi ibu hamil yang sangat penting untuk melancarkan pencernaan sehingga masalah-masalah yang berhubungan dengan sistem pencernaan bisa teratasi. Salah satu permasalahan yang sering muncul adalah sembelit. Serat padas sayuran bisa mengatasi masalah sembelit yang ibu alami selama masa kehamilan.

Seperti halnya sayuran hijau lainnya, kangkung juga mengandung vitamin A. Vitamin A ini berfungsi untuk mempertajam penglihatan ibu dan mencegah ibu menderita degenerasi manula atau yang sering disebut dengan katarak.

Jika ibu sudah periksa kesehatan kehamilan ke dokter dan dokter memvonis ibu mengalami masalah diabetes, sayuran kangkung bisa menjadi menu makanan ibu yang sangat aman untuk mengatasi diabetes ini. Nutrisi ibu hamil yang terkandung di dalam kangkung bisa mengurangi kadar gula dalam darah sehingga lambat laun diabetes akan terobati.

Itulah beberapa kandungan serta manfaat yang bisa ibu dapatkan daru sayuran kangkung. Jadi, apakah ibu akan memasang sayur kangkung hari ini?

Menu Makanan Berbahan Kangkung

Ca kangkung merupakan menu makanan yang sangat mudah dibuat. Ca kangkung ini adalah tumisan berbahan kangkung. Ini bisa ibu jadikan menu makanan hari ini. 

Selain itu, ada juga cara lain menikmati kangkung selain ca kangkung, yaitu pecel kangkung. Pecel merupakan makanan tradisional jawa. Pecel biasanya terbuat dari berbagai jenis sayuran seperti bayam, kangkung, kubis, dan taoge. Sementara itu, saosnya terbuat dari gula jawa dan kacang tanah. Pecel ini sangat enak dikonsumsi di siang hari.

Namun, jika suasananya dingin, ibu bisa membuat sayur bening kangkung. Sayur bening ini cocok sekali disantap langsung atau dengan nasi. Sayur bening kangkung ini bisa dicampur dengan jagung manis.

Tentu saja banyak sekali cara untuk menikmati kangkung. Namun, selain mengetahui kandungan dan manfaat dari sayuran kangkung, ibu harus tahu efek samping dari mengkonumsi kangkung. Kandungan berupa zinc dan selenium yang ada di dalam kangkung ternyata bisa membuat ibu merasa kantuk. Oleh karena itu, jika ibu tidak ingin kegiatan siang hari terganggu, sebaiknya ibu tidak makan sayur kangkung di pagi hari. Ibu bisa menjadikan sayur kangkung sebagai menu di malam hari agar ibu tidur pulas di malam hari.

Itulah beberapa hal yang bisa ibu ketahui tentang kangkung. Semoga bisa menjadi referensi makanan sehat ibu selama proses kehamilan. Walaupun sayur kangkung itu termasuk masakan kampung, ternyata kangkung mengandung nutrisi ibu hamil.

No comments:

Post a Comment