Wednesday, January 6, 2016

Ini yang Mungkin Terjadi Jika Kekurangan Nutrisi Ibu Hamil


nutrisi ibu hamil
Friso Indonesia

 

 Nutrisi ibu hamil tidak boleh kurang. Jika seorang wanita hamil kekurangan nutrisi, maka ada konsekuensi yang buruk yang akan dihadapi. Tentu saja siapapun terutama ibu tidak ingin hal buruk tersebut terjadi, bukan?

Berikut beberapa kemungkinan buruk yang bisa terjadi jika ibu tidak memperhatikan asupan gizi dari makanan atau minum sehat sehingga nutrisi untuk ibu hamil tidak tercukupi.

 

-       Berat Badan Janin tidak Normal
Salah satu konsekuensi yang sering terjadi jika nutrisi wanita hamil tidak tercukupi adalah janin memiliki berat badan di bawah normal. Apakah hal ini berbahaya? Tentu saja berbahaya. Jika berat badan janin dalam kandungan tidak normal, bisa jadi janin tidak berkembang maksimal. Beberapa organ tubuhnya tidak tumbuh seperti janin yang normal. Dan yang paling buruk, janin tidak berkembangan dan terjadilah keguguran.
Kasus seperti ini sering terjadi. Hal ini dikarenakan ibu tidak rutin melakukan konsultasi dan kontrol ke dokter kandungan. Mereka menganggap tidak ada keluhan yang dirasakan sehingga mereka menganggap tidak perlu pergi ke dokter kandungan untuk melakukan konsultasi.
Padahal, setidaknya ibu hamil melakukan konsultasi satu bulan sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. Jika diperlukan, ibu juga harus mendapatkan tes USG untuk mengetahui berat badan janin apakah normal atau tidak.
-       Bayi Lahir denga IQ Rendah
Salah satu nutrisi yang terkandung di dalam susu ibu hamil adalah AA dan DHA. Apakah gunanya nutrisi tersebut? Tidak lain agar menstimulus perkembangan syaraf janin. AA dan DHA sangat mempengaruhi kecerdasan janin di dalam kandungan. Jika syaraf janin berkembangan normal, maka bayi ibu akan lahir dan dewasa dengan IQ tinggi.
Lain hal jika ibu kekurangan nutrisi ibu hamil. Tidak hanya tingginya resiko bayi lahir dengan tingkat IQ rendah, tapi ada kemungkinan ibu akan melahirkan bayi cacat mental.
Ibu harus tahu kecerdasan anak itu tidak hanya mulai di asah ketika ia sudah dilahiarkan atau bahkan ketika ia sudah dewasa dan mengenyam pendidikan. Ketika masih di dalam janin, kecerdasan janin sudah bisa diasah. Jika ibu tidak percaya, ibu bisa mencoba berkomunikasi dengan janin dengan cara menyanyikan lagu, mengajak berbicara, atau berinteraksi dengan cara lain. Jika janin bergerak, itu tandanya janin mengerti apa yang ibu lakukan.
-       Proses Melahirkan Susah
Kemungkinan lain yang mungkin terjadi karena kekurangan nutrisi ibu hamil adalah sulitnya proses persalinan. Sebenarnya secara langsung ini mempengaruhi kesehatan ibu. Nutrisi dari susu ibu hamil atau makanan sehat ibu hamil misalnya tidak hanya dibutuhkan untuk perkembangan janin, tetapi juga untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Jika ibu kekurangan nutrisi, ibu akan merasakan berbagai jenis keluhan kesehatan seperti anemia dan lesu. Lebih parah lagi jika justru kondisi kesehatan ibu drop ketika proses persalinan tiba. Padahal, proses persalinan itu membutuhak tenaga yang sangat besar.
Itulah beberapa hal buruk yang mungkin terjadi jika ibu kekurangan nutrisi untuk ibu hamil. Jika ibu berkomitmen untuk melahirkan bayi yang sehat dan cerdas, maka ibu harus memperhatikan asupan gizi dari makanan dan minuman yang ibu konsumsi setiap hari. Dan jika ibu ingin sekali melahirkan bayi secara normal, maka ibu harus pastikan meninggalkan makanan yang tidak sehat seperti fast food dan menggantikan dengan makanan sehat yang mengandung nutrisi ibu hamil.

No comments:

Post a Comment